Mengenal Burung Prenjak Gunung dan Suara Kicauannya

Prenjak gunung  (Prinia superciliaris) adalah spesies burung dari keluarga Cisticolidae. Burung yang umum menghuni wilayah perbukitan dan pegunungan ini dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hill Prinia.

Prenjak dengan tubuh berukuran agak besar, 16 cm, dengan ekor sangat panjang. Tubuh bagian atas cokelat; bagian bawah, dari dagu hingga perut, kuning-tua keputihan. Sisi tubuh kuning-tua terang. Pipi dan penutup telinga berwarna abu-abu, alis mata putih, sangat panjang.

Iris cokelat pucat; paruh atas berwarna gelap, paruh bawah pucat; kaki kemerahjambuan. Suara keras menusuk, "co-ii.., co-ii.."; mirip suara cinenen pisang (Orthotomus sutorius) tetapi lebih perlahan. Basgi yang ingin mengetahui bagaimana suara burung prenjak gunung dapat mendengarnya melalui video di bawah ini.

Prenjak gunung biasa didapati di wilayah perbukitan dan pegunungan. Di Sumatra, burung ini umum pada ketinggian antara 600 hingga 2.500 m dpl. Akan tetapi di Aceh (dan Sumatra Utara) burung ini juga diketahui menghuni wilayah dataran rendah.

Burung yang umumnya pemalu dan bergerak diam-diam di semak-semak dan tumbuhan bawah, soliter atau bersama dengan pasangannya. Namun kadang-kadang juga berkicau dengan ribut. Menjelajahi semak belukar, tempat terbuka, dan juga lapisan bawah hutan atau kebun, untuk berburu serangga dan tempayaknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel