4 Tempat Wisata Halal Belitung yang Cocok untuk Liburan Keluarga


Belitung, atau Belitong (bahasa setempat, diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Kota utamanya adalah Tanjung Pandan.

Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar.

Sebagian besar penduduknya, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitung adalah timah. Usaha pertambangan timah sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda.

Penduduk Pulau Belitung terutama adalah suku Melayu (bertutur dengan dialek Belitung) dan keturunan Tionghoa Hokkien dan Hakka.

Menyebut nama Belitung pasti tidak bisa lepas dari film Laskar Pelangi. Berkat film tersebut, pamor Belitung sebagai destinasi wisata turut terangkat. Wisatawan berbondong-bondong datang ke sana untuk menikmati pesona keindahan alam khas wilayah kepulauan.

Ketika destinasi wisata halal naik daun, Belitung mempromosikan diri di garis terdepan. Sebagai daerah dengan mayoritas penduduk beragama Islam, menjumpai wisata halal di Belitung relatif mudah. Masjid juga tersebar di penjuru pulau. Maka, Anda tidak perlu ragu untuk membawa serta seluruh anggota keluarga berlibur ke Belitung.

Sebagai referensi itinerary Anda, berikut daftar tempat wisata halal di Belitung yang cocok untuk liburan keluarga.

Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi

Pantai Tanjung Tinggi (sumber : wikipedia.org)
Pemandangan berbeda akan Anda jumpai saat berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi. Di pantai yang menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi terdapat batu-batu granit berukuran besar memenuhi bibir pantai. Warna batu tersebut terlihat kontras dengan birunya laut dan hamparan pasir putih.
Anda bisa berenang di pantai ini karena perairan ini relatif tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Tanjung Tinggi berada di bagian utara Pulau Belitung, antara Tanjung Pendam dan Tanjung Kalam.

Museum Kata Andrea Hirata


Museum Kata Andrea Hirata membawa Anda sekeluarga pada cerita Laskar Pelangi. Bagaimana potongan-potongan kisah di balik karya Andrea Hirata ini tergambar melalui rangkaian foto dan kutipan yang dipajang di salah satu sudut museum. Di ruang utama museum, Anda bisa melihat halaman sampul buku Laskar Pelangi dalam berbagai bahasa.
Museum ini terletak di Gantong, Belitung Timur. Sebagian besar ruangan diberi nama sesuai tokoh dalam novel. Anda juga dapat duduk santai di area dapur yang berfungsi sebagai Warung Kopi Kuli.

Sekolah Laskar Pelangi

sekolah laskar pelangi

Berjarak sekitar 100 km dari kota Tanjungpandan, Anda bisa menyaksikan langsung replika SD Muhammadiyah Gantong di Belitung Timur. Replika bangunan ini memang sengaja didirikan untuk syuting film Laskar Pelangi dan sekarang beralih fungsi sebagai objek wisata andalan Belitung.
Anda bisa berfoto mengikuti adegan dalam film. Misalnya, Anda berperan sebagai Bu Muslimah, sedangkan anak-anak duduk di kursi murid menjadi Ikal dan teman-temannya. Di sekitar lokasi juga berdiri toko cendera mata dan warung makan, sehingga Anda bisa membeli oleh-oleh untuk kerabat.

Kota Manggar

kota manggar
Jika Anda ingin mengenalkan gaya hidup penduduk setempat yang hobi minum kopi pada si kecil, datanglah ke Manggar. Di kota ini terdapat deretan warung kopi yang memenuhi sisi kiri dan kanan jalan. Itulah mengapa Manggar dijuluki “Kota 1001 Kopi.”

Tren minum kopi ini sudah populer sejak tahun 1960-an, ketika pegawai tambang perusahaan timah biasa berkumpul menyeruput kopi sebelum bekerja. Walaupun perusahaan itu sudah tidak beroperasi, kebiasaan minum kopi masih dilakukan hingga sekarang dan menjadi salah satu magnet wisata halal Belitung.

Bagaimana, sudah tergoda untuk mengunjungi 4 tempat wisata halal Belitung tersebut? Supaya liburan keluarga Anda berjalan lancar, segera cari hotel terdekat dengan menggunakan aplikasi Airy. Selain memesan hotel di Belitung lebih mudah, setiap kamar dalam jaringan properti hotel terbesar di Indonesia ini juga sudah dilengkapi 7 jaminan kenyamanan.

Semua kebutuhan menginap Anda sekeluarga sudah terpenuhi dengan baik. Sebut saja, tempat tidur bersih, televisi layar datar, pendingin ruangan, akses WiFi gratis, air minum gratis, perlengkapan kamar mandi, dan air panas. Dukungan layanan customer care 24 jam siap membantu Anda kapan saja. Ditambah dengan kepastian transaksi aman dan bebas penipuan, membuat pengalaman menginap di Airy selalu memuaskan.
Ayo, ajak keluarga Anda menikmati wisata halal Belitung bersama Airy!

Demikian artikel 4 Tempat Wisata Halal Belitung yang Cocok untuk Liburan Keluarga semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel