Mengapa Kita Perlu Asuransi? Ini Alasannya

Asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat. Istilah diasuransikan biasanya merujuk pada segala sesuatuyang mendapatkan perlindungan.

Mengapa Kita Perlu Asuransi? Ini Alasannya

Asuransi sudah diatur dalam Undang-Undang No. 2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.


Mengapa kita harus mempunyai asuransi?

Anda telah bekerja keras untuk membangun landasan keuangan yang kuat untuk Anda dan keluarga Anda, jadi Anda ingin memastikan bahwa semuanya terlindungi. Kecelakaan dan bencana dapat terjadi kapan saja, dan jika Anda tidak mengikuti asuransi secara memadai, itu dapat membuat Anda dalam kehancuran finansial. Anda membutuhkan asuransi untuk melindungi hidup Anda, kemampuan Anda untuk mendapatkan penghasilan, dan untuk menjaga rumah Anda.

Akan selalu ada resiko finansial seperti kecelakaan, kebangkrutan, dan sakit. Bila biaya yang dibutuhkan masih bisa Anda tanggung dengan dana darurat, hal itu mungkin tidak jadi masalah. Namun, seringkali yang terjadi, biaya-biaya yang timbul ternyata jauh lebih besar daripada dana darurat yang disiapkan.

Anda pasti sering mendapati kisah di mana seseorang jatuh sakit dan butuh biaya yang begitu banyak hingga dia harus rela menjual aset-asetnya. Inilah yang disebut risiko finansial. Sebenarnya, risiko-risiko tersebut bisa Anda kelola dengan lebih baik melalui produk asuransi.


Melalui asuransi, risiko finansial tersebut Anda alihkan ke pihak ketiga, yaitu perusahaan asuransi. Jadi, ketika kelak terjadi risiko, biaya-biaya yang terkait dengan risiko tersebut ditanggung oleh penyedia asuransi. Untuk mendapatkan manfaat asuransi tersebut, Anda hanya perlu membayar premi sesuai ketentuan polis asuransi yang Anda beli.

Bila begitu penting keberadaan asuransi untuk mendukung pengelolaan finansial yang oke, apa sajakah manfaat asuransi kesehatan yang perlu kita pahami? Berikut ini adalah alasan mempunyai asuransi yang penting bagi kita.

1. Mengurangi risiko finansial

Seperti dipaparkan di atas, setiap saat kita menghadapi berbagai risiko yang bisa melahirkan kerugian finansial. Misalnya, jatuh sakit hingga menguras biaya pengobatan, dan sebagainya.

Dengan memiliki asuransi, Anda bisa mengelola keuangan lebih tenang. Sehingga ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan biaya atau mengalami kerugian finansial, kondisi keuangan pribadi tidak ikut terpengaruh karena sudah ada asuransi yang menanggungnya.

Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal tak terduga seperti sakit atau mengalami kecelakaan. Manfaat asuransi ini membantu Anda dalam mengurangi pengeluaran yang tak terduga. Pengeluaran rutin harian pun tidak terganggu. Sebab, ada pihak penanggung yang memberi ganti rugi.


2. Lebih leluasa berinvestasi

Berinvestasi di asuransi yang ada unitlink (Kaitannya dengan investasi) menjadi pilihan yang cukup bijak. Hal ini dapat Anda bandingkan ketika menabung di bank yang sering kali terkena inflasi dan seringnya anda menarik uang di ATM. Yang tanpa Anda sadari habis begitu saja.

Dengan memiliki Asuransi jiwa jenis ini Anda tidak hanya diajarkan untuk menabung untuk jangka panjang, namun juga membiasakan diri untuk berdisplin dalam mengatur anggaran keuangan. Hasil dari tersebut nantinya juga dapat Anda gunakan untuk apa saja, untuk beli rumah, mobil impian atau perjalanan liburan ke tempat yang Anda inginkan.

3. Bisa sekaligus menabung atau investasi (tapi harus jeli memilih produk)

Ada beberapa fungsi asuransi yang menyediakan layanan investasi atau tabungan untuk masa depan. Anda yang telah terdaftar sebagai nasabah dari salah satu penyedia layanan asuransi bisa mendapatkan jaminan berupa pengembalian investasi di akhir kontrak.

Pada asuransi yang diperuntukkan investasi terdapat masa pertanggungan yang sifatnya fleksibel. Ada tiga masa pertanggungan yang bisa Anda pilih mulai dari 5 tahun, 10 tahun, maupun 20 tahun. Saat itulah Anda memiliki komitmen untuk membayar premi sekaligus berinvestasi.

Namun, sebelum memutuskan memilih produk asuransi yang dwiguna atau unitlink seperti itu, selalu hitung premi yang Anda bayarkan dan manfaat yang akan Anda terima. Jangan sampai Anda terlalu banyak membayar premi namun sedikit manfaat yang Anda terima.


4. Tanda cinta untuk keluarga

Ketika memiliki tanggungan jiwa seperti anak atau pasangan, Anda tentu menginginkan hidup mereka selalu sejahtera, minimal dari sisi finansial. Tanda cinta pada keluarga bisa Anda ungkapkan dengan membeli polis asuransi jiwa, salah satu produk asuransi prioritas yang perlu dimiliki oleh pencari nafkah.

Dengan asuransi jiwa, ketika kelak terjadi risiko meninggal dunia pada si pencari nafkah, keluarga yang ditinggalkan tidak perlu menanggung kesulitan finansial akibat terhentinya sumber nafkah.


Bekal uang pertanggungan dari asuransi jiwa bisa digunakan sebagai bekal melanjutkan hidup bagi keluarga yang ditinggalkan.


5. Memberi Ketenangan Batin


Menyambung dari pernyataan sebelumnya. Hal ini tentu saja tidak bisa dipungkiri. Asuransi jiwa saat ini memberi seseorang sesuatu yang berharga yaitu ketenangan pikiran karena mengetahui keluarganya tidak akan terlantar saat sesuatu yang tidak terduga terjadi seperti kematian.

Demikian artikel Mengapa Kita Perlu Asuransi? Ini Alasannya semoga bisa bermanfaat.

Referensi:
Wikipedia
Liputan6
Cermati

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close