Mau Melahirkan dengan Operasi Caesar? Pahami Cara Penanganan Lukanya Dulu, Yuk!

Menjalani operasi caesar jadi salah satu cara yang dipilih oleh banyak ibu saat akan melahirkan. Sayangnya, operasi caesar mengharuskan Anda untuk menghadapi luka bekas operasi yang lebih lama sembuh. Meski ada obat untuk mempercepat Perawatan lukaoperasi Caesar, Anda tetap perlu berusaha untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar dengan beberapa cara berikut ini.


Mau Melahirkan dengan Operasi Caesar? Pahami Cara PenanganaAn Lukanya Dulu, Yuk!



Lakukan IMD
Tidak semua ibu beruntung untuk bisa melakukan Inisiasi menyusui Dini atau IMD secara langsung pasca melahirkan. Terlebih jika proses persalinan dilakukan secara Caesar dan mengalami kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, melakukan proses IMD rasanya bukanlah hal yang mungkin dilakukan. Tapi, apabila ada kesempatan untuk melakukan IMD setelah operasi caesar berakhir, maka sebaiknya lakukanlah segera.

IMD sangat membantu proses penyembuhan luka karena bisa mengeluarkan susu yang sudah tersimpan. Meski pada awalnya IMD tidak mudah dan cenderung terasa sakit, namun IMD sangat baik bagi sang ibu pasca operasi caesar juga sang anak yang membutuhkan asupan nutrisi terbaik. Jadi, usahakan untuk melakukan IMD setelah melakukan operasi caesar, ya.

Minum Air mineral lebih banyak
Tubuh manusia  mayoritas diisi oleh cairan. Ada sekitar 70% kandungan cairan dalam tubuh yang membuat sistem organ tubuh manusia berjalan lancar. Besarmya kadar cairan dalam tubuh membuat air punya peran yang penting bagi kehidupan manusia. Tak terkecuali saat proses penyembuhan luka pasca operasi caesar.

Minum air mineral lebih banyak bisa menjadi jalan yang tepat apabila Anda ingin menghasilkan ASI dengan jumlah yang lebih banyak dan lebih berkualitas. Selain itu, minum air mineral juga dipercaya mampu mempercepat proses regenerasi sel dan melakukan proses detoks racun secara alami. Minumlah air mineral sebanyak 8 gelas setiap harinya agar produksi ASI tetap lancar dan proses penyembuhan luka pasca operasi caesar bisa berjalan optimal.

Itulah 2 usaha yang bisa Anda lakukan agar luka bekas operasi bisa lebih cepat kering. Selain obat luka, Anda juga perlu beli obat muntah setelah selesai operasi di goapotik agar bisa mengatasi efek samping dari operasi dengan segera. Sebab ada promo lacidofiluntuk diare sachet yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat.

Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging