Pengalaman Seru Mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar 2019


Acara Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar 2019 atau disingkat PJTD 2019 diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Undip Manunggal. Acara yang bertajuk "Menjadi Jurnalis Masa Kini" tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan baik dari Undip sendiri maupun dari kampus luar karena acara terbuka untuk umum.

Pengalaman Seru Mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar 2019
foto peserta dan panitia PJTD 2019 
Acara PJTD 2019 yang berlangsung  selama 2 hari pada tanggal 7 sampai dengan 8 September 2019 mengundang beberapa Pembicara dengan latar belakang jurnalistik yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Hari pertama pelatihan diisi oleh 3 pembicara. Pembicara pertama yaitu Heri Condro Santoso yang menjabat sebagai Sekretaris AJI (Aliansi Jurnalis Independent) Semarang. Beliau membawakan materi tentang kode etik jurnalistik yang harus dijunjung seseorang yang memutuskan ingin menjadi jurnalis yang baik dan ideal. Beliau juga berkata bahwa di lapangan banyak jurnalis yang menjual idealismenya karena kurangnya kesejahteraan jurnalis sendiri.

Pembicara kedua diisi oleh Rahmat Petuguran Pemimpin Redaksi Portalsemarang.com yang membawakan materi teknik reportase berita. Ternyata teknik reportase berita banyak jenis dan formatnya diantarnya Straight news, News features, dan News analysis.

Lalu pembicara terakhir di hari pertama adalah Saroni Asikin yang menjabat sebagai Redaktur Pelaksana Suara Merdeka yang membawakan materi seputar teknik penulisan berita. Beliau menjelaskan bahwa teknik penulisan berita tergantung teknik penyajiannya. Teknik penyajian berita antara lain informasi, presentasi, dan narasi.

Hari kedua Pelatihan Jurnalisme Tingkat Dasar diisi oleh dua narasumber yaitu yang pertama Fotografer Senior Suara Merdeka yang juga Brand Ambassador Canon Indonesia bapak Soetomo yang membawakan materi seputar fotografi jurnalistik. Kemudian pembicara terakhir adalah pemimpin umum lembaga pers mahasiswa Manunggal Alfio Santos yang membawakan materi tentang Organisasi Manuggal.

Menurut saya sebagai peserta Pelatihan Jurnalisme Tingkat Dasar, acaranya asik dan berbobot karena banyak ilmu jurnalistik yang bisa didapatkan dari para pembicara-pembicara yang sudah sangat berpengalaman di bidang Jurnalistik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel