Keberhasilan Kloning Kucing Pertama di Dunia

Huang Yu seorang pria dari China sangat sedih ketika kuciing British Shorthair miliknya yang bernama Garlic mati pada umur 2,5 tahun. Demi melihatnya kucing kesayangannya lagi, Dia pun mengambil keputusan untuk mengkloning Garlic. Untuk melakukan hal tersebut Huang Yu meminta bantuan kepada Cue Sinogene yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kloning hewan yang berada di Beijing, China.


Keberhasilan Kloning Kucing Pertama di Dunia
garlic hasil kloning dan garlic asli
Perusahaan Cue Sinogene sebelumnya telah berhasil mengkoning lebih dari 40 anjing peliharaan termasuk anak anjing polisi pertama di dunia. Dalam usaha mengkloning Garlic, Cue Sinogene menggunakan teknik Kloning sel somatik atau sel tubuh. Hal tersebut merupakan teknologi yang tergolong baru dan merupakan tantangan sendiri  untuk mengkloning kucing.

"Karakteristik reproduksi dan fisiologis kucing berbeda dengan kebanyakan hewan. Kucing bukanlah hewan yang mengalama ovulasi spontan. Mereka adalah satu dari sedikit hewan yang merangsang ovulasi," ungkap dokter hewan Shi Zhensheng seperti dilansir IFL Science, Jumat (6/9/2019).

"Siklus reproduksi kucing istimewa dan teknik pengkloningan hewan ini cukup sulit. Operasi ini rumit dan kami berhasil melakukannya. Ini menandai langkah besar China dalam bidang pengkloningan," imbuh dia.

Setelah melakukan pengujian hampir selama setahun para ilmuwan akhirnya bisa mentransfer embrio ke kucing pengganti yang tengah hamil selama 66 hari. Pada 21 Juli 2019 Garlic 2.0 akhirnya lahir lewat kelahiran normal dan genetik seluruhnya berasal dari sel somatik dari Garlic milik Huang Yu yang sudah mati.

Para ahli mengatakan bahwa mereka telah mengamati Garlic baru selama hampir sebulan, dan melaporkan Garlic dalam kondisi fisik yang baik dan tidak berbeda dengan anak kucing lain secara alami. AFP melaporkan, Huang Yu harus menggelontorkan lebih dari Rp 491 miliar untuk bisa mendapatkan Garlic kembali. Namun bagi Yu, hal tersebut pantas untuk mengembalikan hidup Garlic.

"Saya akan tetap memanggilnya Garlic karena saya selalu merasa anak kucing kloning ini adalah kelanjutan dari hidup Garlic," ucap Huang Yu dalam sebuah wawancara dengan Cue Sinogene.

Informasi seputar kloning
Kloning sebenarnya berasal dari kata “Clone” yang merupakan kata dari bahasa inggris berarti “Potongan”  biasanya di gunakan untuk memperbanyak tanaman, untuk pertama kalinya cloning muncul berkat usulan dari salah satu para ahli bernama Herbert Webber sekitar tahun 1903 . dalam mengistilahkan dari sekelompok individu makhluk hidup yang di lahirkan dari satu induk tanpa perlu melakukan proses seksual.


Jika di artikan secara definisi, kloning merupakan suatu kegiatan dalam mengusahakan memproduksi atau menggandakan dari sejumlah individu, sehingga untuk hasilnya dilihat secara genetic sama persis (identik) berasal dari induk yang sama, memiliki susunan (Jumlah dan gen) yang sama. Sedangkan Klon dapat di artikan sejumlah organisme hewan atau berupa tumbuhan yang terbentuk dari lewat hasil reproduksi aseksual  yang mana berasal dari satu induk yang sama.

Sumber:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel