Perbedaan Diagram Pareto dengan Diagram Histogram

Diagram Pareto adalah grafik batang yang menunjukkan masalah berdasarkan urutan banyaknya jumlah kejadian. Urutannya mulai dari jumlah permasalahan yang paling banyak terjadi sampai yang paling sedikit terjadi. Jadi dengan Diagram Pareto, kita dapat langsung mengetahui mana saja masalah yang dominan (prioritas).


Perbedaan Diagram Pareto dengan Diagram Histogram
Contoh Diagram Pareto
Diagram pareto juga berguna untuk memperjelas faktor yang paling penting (atau yang paling besar) dari beberapa faktor yang ada.

Pareto membantu kita untuk memusatkan perhatian pada salah satu masalah utama yang harus segera diperbaiki. Setelah melakukan perbaikan, kita dapat melakukan analisis ulang dengan diagram pareto, sehingga kita dapat mengetahui keefektifan dari perbaikan yang telah dilakukan.

Sedangkan diagram histogram adalah diagram yang cukup mudah untuk dilakukan (lebih mudah dari membuat pareto). Ini merupakan diagram awal yang berguna untuk mengetahui penyebaran data yang ada.

Histogram akan mempermudah kita untuk melihat dan menginterpretasikan data


Perbedaan Diagram Pareto dengan Diagram Histogram
Contoh diagram Histogram
Histogram juga umumnya digunakan untuk mengambarkan perkembanga nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu dan dapat digunakan sebagai alat pengendali proses, sehingga dapat mencegah timbulnya masalah.

Demikian artikel Perbedaan Diagram Pareto dengan Diagram Histogram semoga bisa bermanfaat.

Sumber: Quora

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel