Pengertian Logam Tantalum dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan

Tantalum adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ta dan nomor atom 73. Unsur jenis logam transisi ini sangat tahan korosi dan ditemukan pada mineral tantalit. Tantalum digunakan pada alat bedah dan implantasi karena tidak bereaksi dengan cairan tubuh.

Pemanfaatannya Logam Tantalum dalam Kehidupan:

1. Peralatan Berteknologi Tinggi


Pengertian Logam Tantalum dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan

30% Tantalum dipergunakan sebagai bahan pembuat kapasitor, karena hingga saat ini Tantalum dikenal sebagai material yang memiliki sifat Kapasitansi tertinggi (Kemampuan untuk menyimpan dan melepaskan energi listrik). Aplikasi dari Tantalum untuk Kapasitor ini antara lain dipergunakan untuk barang-barang elektronika seperti telepon dan komputer, otomotif, peralatan kesehatan, satelit dan roket ruang angkasa, eksplorasi minyak dan gas, militer dan kedirgantaraan.

2. Paduan Logam Super (Superalloy)


Pengertian Logam Tantalum dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan

Tantalum adalah logam refraktori yang temperatur leleh sangat tinggi, yaitu 3017 derajat Celcius). Ketika Tantalum ditambahkan pada paduan logam tertentu maka akan menghasilkan paduan super yang bisa bertahan pada temperatur yang sangat tinggi, memiliki kekuatan yang sangat tinggi, serta memiliki ketahanan terhadap aus pada lingkungan yang korosif dan mengoksidasi. Aplikasi logam yang ditambahkan unsur Tantalum diantarannya mesin gas turbine pada pesawat sipil dan militer, pembangkit listrik, roket/missiles.

3. Material implant untuk bidang medis


Pengertian Logam Tantalum dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan


Tantalum merupakan logam umum digunakan yang paling tahan korosi (Tantalum is the most corrosion resistant metal in common use today). Oleh karenanya Tantalum banyak dipergunakan sebagai material implant pada tubuh manusia.


Sumber informasi :
  1. Wikipedia tantalum 
  2. Quora
  3. Tantalum-Niobium International Study Center (T.I.C.)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel