Kisaran Suhu Di Dasar Lautan Terdalam Palung Mariana

Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Palung ini terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana di 11° 21' Lintang Utara dan 142° 12' Bujur Timur, dekat juga dengan negara Jepang.

Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Kedalaman dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.

Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.994 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Kalau dihitung menurut garis lintang dan garis bujur Bumi, palung ini berada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudra Arktik, di sisi lain, dengan kedalaman 4 km, memiliki jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar ~6.352,8 km, 13,6 km lebih dekat.

Kedalaman terdalam didunia yang pernah terekam adalah :10,994 meter, tempat tersebut sedikit dingin ( dengan kisaran temperatur 3 derajat celsius)

Kisaran Suhu Di Dasar Lautan Terdalam Palung Mariana

Ya, kedalamannya 11 ribu meter. Contohnya? Jika Everest (gunung tertinggi di dunia, 8,848 meter diatas permukaan laut) diletakan terbaik di palung mariana. butuh sekitar 2000 meter lagi untuk mencapai dasar dari samudera tersebut.

Pada Januari 1960, Lieutenant Don Walsh dan seorang ahli kelautan Jacques Piccard, menggunakan TRIESTE II bathyscaphe yang dimiliki U.S, Navy, adalah orang pertama yang berhasil mencapai dasar dari palung Mariana, orang pertama yang berhasil mengukur kedalaman palung mariana yaitu sekitar 10,916 meter.

Jacques Piccard mengatakan "Dasar dari palung mariana adalah lumpur berwarna putih keabuan, kita bisa lihat melalui jendela kapal berbahan akrilik yang disininari lampu. Airnya sangat jernih, temperaturnya sekitar 3.5 ° C, dan temperatur di dalam bathyscape berkisar antara 8–10°. kami bertahan didasar laut sekitar 20 menit. kamipun sangat beruntung kerena melikat dua jenis binatang, seekor udang dan, sejenis ikan pipih.

Sumber:
Wikipedia palung mariana
Quora
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging