Cara Mengurangi Keasaman Pada Minuman Kopi

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Cara Mengurangi Keasaman Pada Minuman Kopi

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

Kita sudah pasti tahu bahwa dalam kopi terdapat kesaman. Tapi tidak semua dari kita tahu bahwa keasaman  yang sering disebut-sebut itu memiliki banyak ragam.

Kopi selain menjadi minuman yang identik dengan rasa pahit, juga identik dengan rasa asam. Itulah yang menyebabkan beberapa orang enggan meminum kopi karena takut rasa asam akan memengaruhi kesehatan mereka. Padahal tingkat keasaman pada kopi hanya berada di level pH 5. Artinya keasaman pada kopi masih aman dikonsumsi. Selain itu tingkat keasaman kopi juga masih jauh di bawah bir, jus jeruk bahkan soda.

Salah satu yang mempengaruhi tingkat keasaman kopi yaitu kandungan kafein nya. Selain itu, kandungan asam-asam organik kopi seperti asam klorogenat juga menyumbang peran untuk meningkatkan keasaman kopi.

Di industri pangan, proses decaffeinated adalah salah satu cara mengurangi keasaman kopi dengan cara mengurangi kadar kafeinnya. Produk kopinya disebut dengan kopi decaf atau decaffeinated coffee.

Metode lainnya dengan cara cold brew coffee atau menyeduh kopi dengan air dingin. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan kadar kafein dari kopi.

Cara lainnya yaitu dengan memberi makan biji kopi kepada luwak, kemudian menunggu dia buang air besar dan mengolah dan memfermentasi kopi di saluran pencernaannya, kopi ini biasa kita sebut sebagai kopi luwak.

Cara aneh lain untuk menurunkan keasaman kopi, tambahkan air sebanyak-banyaknya pada kopi yang telah diseduh.

Mau cara yang lebih ekstrim untuk mengurangi keasaman kopi? jangan menambahkan gula pada kopinya, tapi tambahkan garam. Garam terkenal dengan sifat basa nya sehingga dapat menetralkan keasaman kopi.

Sumber: Wikipedia, otencofee, dan Quora

0 Response to "Cara Mengurangi Keasaman Pada Minuman Kopi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel