Cara Memotong Bawang Merah tanpa Membuatmu Menangis

Bawang merah salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, tetapi kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis. Wujudnya berupa umbi yang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur. Tanaman penghasilnya disebut dengan nama sama.


Cara Memotong Bawang Merah tanpa Membuatmu Menangis

Pada saat memotong bawang merah biasanya mata kita menjadi perih dan mengeluarkan air mata, Hal ini dikarenakan Bawang merah mengandung senyawa iritan bernama syn-propanethial-S-oxide. Yang menstimulasi kelenjar lakrimalis pada mata agar memproduksi air mata, sehingga kita mengeluarkan air mata.

Ada beberapa cara yang umum diketahui agar saat kita memotong bawah merah mata kita tidak perih dan mengeluarkan air mata, yaitu:

  1. Potong bawang dalam keadaan dingin dapat mengurangi gas yang membuat mata perih.
  2. Potong bawang dalam keadaan terendam air agar gas yang keluar ada air yang menghambatnya sehingga gas yang keluar dari bawang tidak membuat mata perih.
  3. Usahakan untuk menekan seminim mungkin. Proses pemotongan bawang juga pada dasarnya ada tindakan menekan, maka usahakan tekanannya sesedikit mungkin ke bagian-bagian bawang dalam artian potong dengan pisau yang tipis dan tajam.
  4. Meletakkan garam di dekat Anda saat memotong bawang merah juga menjadi cara mudah agar tidak menangis. Hal ini terjadi karena garam bisa menjadi penetral uap bawang sebelum mengenai mata Anda.
  5. Mengunyah permen karet bisa menjadi cara mudah agar tidak menangis saat mengupas dan memotong bawang merah. Dengan mengunyah permen karet inilah, otot wajah dan mata akan bergerak dengan baik. Saat otot wajah bergerak, hal ini akan mencegah mata pedih. Mengunyah juga akan membuat Anda lebih cepat menghirup uap bawang sebelum ia sampai ke mata Anda.
Sumber:

0 Response to "Cara Memotong Bawang Merah tanpa Membuatmu Menangis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel