Cara kerja Pena Luar Angkasa atau Space Pen

Bagaimana Nasa membuat pena untuk ruang angkasa, sedangkan Rusia tetap memilih pensil. Selama perlombaan kedua negara adi daya berlomba mengirim manusia ke ruang angkasa, urusan alat tulis.

Nasa menghabiskan dana 1.5 juta dollar untuk alat tulis astronot. Awalnya Nasa membuat pensil, tapi pensil mengandung granit dan serutan. Ketika menulis maka ada hasil debu bahkan bila patah akan mengambang di ruang modul.

Akhirnya Nasa meminta perusahaan Fisher Pen membuat pena untuk gravitasi 0. Paul C.Fisher dan perusahaannya menghabiskan dana 1 juta dollar untuk teknologi pena di ruang angkasa saja. Tapi Nasa tidak mengeluarkan uang untuk pena tersebut.

Cara kerja Pena Luar Angkasa atau Space Pen

Tahun 1965 Fiher mematenkan teknologi pena yang dapat ditulis mengarah ke bawah atau ke atas. Sebuah bolpen yang tidak dipengaruhi oleh gravitasi. Bahkan mampu menulis pada suhu sangat dingin bahkan suhu panas.

Tidak sampai disana, bolpen yang dibuat dapat menulis di dalam air atau bidang yang terkena cairan. Ketika pena dipakai untuk suhu panas, maka warna tulisan berubah dari biru ke hijau.

Setelah pengujian, Nasa meminta perusahaan Fisher membuat 400 pena. Nasa hanya dikenakan biaya $1000 per satu bolpen. Satu tahun kemudian Rusia menyusul mengunakan pena


Sampai hari ini perusahaan Fisher masih menjual pena dengan teknologi tersebut.

Cara kerja Bolpoin Luar Angkasa atau Space Pen

Coba ambil pulpen dan kertas di dekat anda, dan mulai menulis. 

Masih bisa?

Sekarang, coba ambil kertas dan sebuah tatakan, mulai menulis di keadaan terbalik.

Masih bisa?

Coba tulis dalam posisi tersebut dengan waktu yang cukup lama. Selain pegal, pulpen anda juga akan mulai bekerja dengan kurang baik karena tinta yang ada di dalam pulpen tidak turun ke ujung pulpen.

Itu yang membuat pulpen biasa tidak bisa digunakan di luar angkasa, desain pulpen mengandalkan gravitasi untuk memastikan tinta bergerak ke bawah menuju arah pulpen.

Cara kerja Pena Luar Angkasa atau Space Pen


space pen atau juga populer dengan sebutan Fisker pen (dari nama pembuatnya), memiliki konsep kerja yang berbeda.

Untuk memastikan tinta keluar dengan satu arah tanpa menggunakan gravitasi, Fiske pen menggunakan tekanan.

Cara kerja Pena Luar Angkasa atau Space Pen


Dari diagram tersebut terlihat bahwa dalam tabung pena terdapat kompartemen tinta dan kompartemen gas nitrogen. Kedua kompartemen ini dipisahkan oleh sebuah bola besi kecil. Kompartemen 1 diisi dengan gas nitrogen bertekanan cukup tinggi hingga bisa menekan tinta keluar, sedangkan kompartemen yang berisi tinta memiliki bukaan yaitu ballpoint.

Dengan inovasi tersebut, anda bisa menulis dari sudut berapa saja, dari suhu minus 30 derajat farenheit hingga 250 derajat farenheit!

Sumber:
Obengplus
Quora

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel