Alasan Mengapa Uranus adalah Planet Paling Aneh di Tata Surya

Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari. Uranus merupakan planet yang memiliki jari-jari terbesar ketiga sekaligus massa terbesar keempat di Tata Surya. Komposisi Uranus serupa dengan Neptunus, dan keduanya mempunyai komposisi kimiawi yang berbeda dari raksasa gas yang lebih besar, Jupiter dan Saturnus.

 Karenanya, para astronom sering menempatkan Uranus dan Neptunus dalam kategori "raksasa es" untuk membedakan keduanya dari raksasa gas. Atmosfer Uranus serupa dengan Jupiter dan Saturnus karena kandungan utamanya adalah hidrogen dan helium, tetapi mengandung lebih banyak unsur "es" seperti air, amonia dan metana, bersama dengan sisa hidrokarbon.

 Atmosfer Uranus merupakan atmosfer planet terdingin di Tata Surya, dengan suhu terendah mencapai 49 K (−224 °C; −371 °F). Atmosfer Uranus mempunyai struktur awan berlapis-lapis dan kompleks, serta diperkirakan lapisan awan terendahnya terdiri atas air dan lapisan awan tertingginya terdiri atas metana. Bagian dalam Uranus sebagian besar terdiri atas es dan bebatuan.

Seperti planet raksasa lain, Uranus memiliki sistem cincin, magnetosfer, serta banyak satelit alami. Sistem Uranus mempunyai konfigurasi yang unik di antara planet-planet karena kemiringan sumbunya miring ke samping, hampir pada bidang revolusinya mengelilingi Matahari. Oleh karena itu, kutub utara dan selatannya terletak pada tempat yang merupakan khatulistiwa bagi planet lain.

Planet Uranus berotasi menyamping sehingga musim di planet uranus dikatakan aneh. Malam hari pada musim dingin di planet uranus terjadi selama 21 tahun, 21 tahun juga musim panas, dan 42 tahun siang dan malam pada musim semi dan musim gugur. Planet Uranus adalah sebuah raksasa es dan sebagian besar massanya cairan panas yang padat.

Alasan Mengapa Uranus adalah Planet Paling Aneh di Tata Surya

Planet Uranus memiliki 13 cincin, cincin tersebut terdapat di dalam dan diluar. Cincin Uranus yang di dalam berwarna gelap dan cincin di luar berwarna cerah. Untuk berotasi dalam satu hari (satu hari waktu uranus) planet Uranus membutuhkan sekitar 17 jam dan sekitar 84 tahun Bumi untuk menyelesaikan orbit Matahari (satu tahun waktu uranus).

Sumber:
Wikipedia Uranus
Quora

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel