Alasan Mengapa Lagu Pop Umumnya Berdurasi 3 Menit

Bagi anda pecinta musik khususnya musik populer tentunya anda menyadari bahwa rata-rata durasi dari sebuah lagu musik pop adalah 3 menit. Tentunya anda bertanya Mengapa panjang sebuah lagu umumnya selama 3-5 menit? Mengapa tidak 10 menit atau 69 menit atau berapapun? 


Semuanya berawal dari teknologi rekaman. Shellac records yg diciptakan tahun 1920an memiliki kapasitas rekaman hanya 3 menit. Piringan inilah yg disebut ‘singel’.

Alasan Mengapa Lagu Umumnya Berdurasi 3 Menit

Di tahun 1950-1970an, industri musik sudah berdasarkan promosi singel. Kalau mau terkenal, lagumu harus bisa muat direkam dalam singel untuk dikirim ke radio atau dipasang di jukebox di bar atau restoran.

Kalau lebih panjang dari itu … lihat aja adegan film Bohemian Rhapsody ini.



Mereka akan kesulitan utk mengirimnya ke radio2. Kalau ga diputer di radio, ya ga akan terkenal. Siapa yang mau beli albumnya?

Radio dan jukebox memang membentuk selera pasar. Karena keterbatasan teknologi ini maka pasar terbiasa mendengar lagu hanya 3 menit. Para pengarang lagu juga hrs membuat lagu yg catchy dan langsung disukai hanya dalam 3 menit itu.

Memang jaman sekarang orang mendengarkan lagu berbeda dgn jaman dulu sbl ada teknologi rekaman dan penyiaran. Musik2 kamar, simfoni, sonata dll bentuk musik klasik dimainkan live di kalangan menengah ke atas di acara2 khusus saja. Sedangkan sekarang musik diputar sebagai latar belakang saja: sambil nyetir mobil, sambil masak, sambil belajar.

Memang ada musik-musik modern ‘serius’ yg panjangnya lebih dari 3 menit, khususnya lagu-lagu rock, progresif dan metal. Itu sebenarnya salah satu bentuk ‘pemberontakan’ musisinya juga terhadap pembatasan-pembatasan komersial yg berlaku utk musik pop.

Sumber: Quora

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel