10 Fakta Menarik Tentang Lubang Hitam atau Black Hole

Di sini kita akan membahas tentang 10 Fakta Menarik Tentang Lubang Hitam atau  Black Hole tapi sebelum itu kita pelajari dulu apa itu lubang hitam atau black hole.


10 Fakta Menarik Tentang Lubang Hitam atau Black Hole


Pengertian Lubang hitam
Black Hole atau lubang hitam merupakan sebuah fenomena di laur angkasa yang merupakan pemusatan massad dari pelengkungan ruang dan waktu dengan gravitasi yang sangat kuat. Fenomena ini menyebabkan semua benda yang berada disekitarnya bisa terserap, bahkan cahaya sekalipun.
Secara teoretis, lubang hitam dapat memliki ukuran sebesar apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Teori medan kuantum dalam ruang-waktu melengkung memprediksi bahwa horizon peristiwa memancarkan radiasi disekitarnya dengan suhu yang terbatas. Suhu ini berbanding terbalik dengan massa lubang hitam, sehingga sulit untuk diamati lubang hitam bermassa bintang atau lebih. Lubang hitam terbagi menjadi 2: lubang hitam dan lubang hitam supermasif yang seringkali ada di pusat suatu galaksi.
Asal mula lubang hitam
Pada mulanya, bintang terbentuk dengan kondisi dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Saat bintang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi, tingkat radiasi keluar semakin melemah dibanding dengan gaya gravitasi ke dalam. Dari sana, bintang mengalami kolaps, dan kemudian mengalami sebuah ledakan supernova. Dalam ledakan ini, ada dua kemungkinan hasilnya. Salah satu diantaranya adalah lubang hitam.
Nah sekarang kita ke 10 fakta menarik tentang lubang hitam
1. Lubang hitam itu tidak berbentuk lubang melainkan berbentuk bola
2. Seseorang yang berada di dekat lubang hitam akan mengalami gravitational time dilation (pelambatan waktu karena gravitasi yang besar)
3. Dua lubang hitam yang bersatu kan menghasilkan riak/gelombang di ruang-waktu yang disebut gravitational wave
4. Meskipun tidak ada benda yang lepas dari tarikan lubang hitam, namun menurut teori Hawking Radiation, lubang hitam bisa kehilangan masa karena melepaskan energi.
5. Hukum fisika tidak berlaku di dalam lubang hitam
6. Galaksi kita (Bima Sakti) punya satu lubang hitam raksasa di tengahnya, berukuran setara dengan 4.3 juta berat matahari.
7. Kalau lubang hitam di pusat galaksi itu tidak dihitung, lubang hitam terdekat selanjutnya berjarak 2.800 tahun cahaya dari Bumi.
8. Lubang hitam tidak bisa dilihat (karena cahaya tidak bisa melepaskan diri dari lubang hitam), hanya bisa dideteksi.
9. Lubang hitam juga punya lawannya yaitu lubang putih (white hole), walaupun saat ini keberadaannya masih sebatas teori
10. Lubang hitam adalah benda tergelap di alam semesta dan juga benda paling terang di alam semesta. 
Demikian artikel 10 Fakta Menarik Tentang Lubang Hitam atau Black Hole semoga bisa bermanfaat

Sumber:
pengertian black hole
wikipedia
Quora

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel