Pengertian Insting dan Jenisnya

Banyak orang ketika melakukan sesuatu secara spontan mereka sebut sebagai insting. Apakah hal tersebut benar? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita bahas hal tersebut.


Pengertian Insting dan jenisnya

Struktur kepribadian terdiri atas tiga aspek yaitu id, ego dan superego. Nah insting ini keberadaannya termasuk didalam id.

Insting atau sebagian orang menyebutnya naluri adalah dorongan dalam diri manusia akibat suatu rangsangan tertentu yang tidak dipelajari tetapi telah ada sejak kelahiran suatu makhluk hidup dan diperoleh secara turun-temurun (filogenetik). 

Dalam psikoanalisis, naluri dianggap sebagai tenaga psikis bawah sadar yang dibagi atas naluri kehidupan (eros) dan naluri kematian misalnya ketika seseorang lapar, maka otomatis dia akan mencari makanan. Insting ini tidak dipelajari oleh manusia melainkan telah ada sejak manusia itu lahir. 

Eros
Eros dalam bahasa Yunani berarti cinta. Segala sesuatu yang mendatangkan kenikmatan termasuk kasih sayang, pemujaan kepada Tuhan dan cinta diri/narcisme.

Thanathos
Disebut insting kematian karena sifatnya yang destruktif . Adanya dorongan untuk merusak diri yang disertai dengan sifat yang agresif

Semua manusia memiliki kedua insting tersebut, tinggal bagaimana manusia itu mengelolanya menjadi sesuatu yang tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel