Mengapa Orang Jepang Suka Tidur dengan Futon?

Futon adalah jenis perangkat tidur tradisional Jepang. Perangkat tidur serupa juga dikenal di Korea. Futon digelar di atas tatami, di atas tempat tidur, atau kasur. Satu set futon terdiri dari shikibuton sebagai alas tidur dan kakebuton yang lebih lunak sebagai selimut.

Mengapa Orang Jepang Suka Tidur dengan Futon?


Ketika hendak dipakai tidur, futon digelar, dan dilipat kembali untuk disimpan setelah digunakan. Setelah futon disimpan, ruangan dapat dipakai untuk keperluan lain. Ketika hari cerah, futon perlu dijemur di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab alergi.

Orang Jepang lebih memilih futon dibanding kasur dikarenakan beberapa alasan antara lain:

1. Futon tidak membutuhkan banyak ruang
Berbeda dengan kasur, yang akan memakan banyak ruang. Kaitannya apa? Ini terkait dengan masalah keuangan, Kalau tidak bisa membangun rumah yang besar, ya terpaksa membangun rumah yang kecil, dan solusinya untuk tidur di ruang kecil dengan nyaman, ya pakai futon.

2. Futon itu lebih mudah dibersihkan dan dipindahkan dibanding kasur
Kasur itu nyaman ditiduri karena empuk. Tapi keempukan kasur ini membuat kita cepat gendut, sebab saat kita tidur di kasur otot dan perut jadi lemes/tidak kencang, sehingga menyebabkan lemak mudah terakumulasi.

Jepang adalah negara yang berlangganan gempa. Untuk menyiasati agar tidak banyak kerusakan di dalam rumah, yakni mengatur segala perabotan rumah dipilih sesimpel mungkin, termasuk memilih tempat tidur.

3. Futon mudah dilipat
Bandingkan dengan kasur yang memakan tempat dan tidak bisa dilipat, futon bisa dilipat dan ditaruh di lemari geser (Oshiire)

Rata-rata rumah di Jepang itu kecil sekali ukurannya jika dibandingkan dengan di Indonesia(Terutama di tokyo, karena tanah mahal). Jadi orang di jepang harus memutar otak bagaimana agar bisa menghemat ruangan. Salah satunya dengan futon tadi.

Dengan melipat futon, orang jepang bisa tidur tanpa butuh alokasi tempat khusus untuk dipan sehingga ruangan menjadi lebih lega dan bisa dipakai untuk hal lain.

Meski demikian, tidak semua orang Jepang tidur dengan futon, karena banyak juga yang senang dengan tidur di kasur yang empuk.

Demikian artikel Mengapa Orang Jepang Suka Tidur dengan Futon? semoga bisa bermanfaat.

Sumber:
wikipedia
quora
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging