Pengertian Termokimia dan Contohnya Lengkap

Termokimia ialah cabang kimia yang berhubungan dengan hubungan timbal balik panas dengan reaksi kimia atau dengan perubahan keadaan fisika. Termokimia mempelajari perubahan panas yang mengikuti reaksi kimia dan perubahan-perubahan fisika (pelarutan, peleburan, dan sebagainya). Satuan tenaga panas biasanya dinyatakan sebagai kalor, joule, atau kilokalori.(Sukardjo, 1997). 


Pengertian Termokimia dan Contohnya Lengkap

Termokimia merupakan penerapan hukum pertama termodinamika terhadap peristiwa kimia yang membahas tentang kalor yang menyertai reaksi kimia. Untuk memahami termokimia perlu dibahas tentang:

a. Sistem, lingkungan, dan alam semesta.
b. Energi yang dimiliki setiap zat.
c. Hukum kekekalan energi.

Secara umum, termokimia ialah penerapan termodinamika untuk kimia. Termokimia ialah sinonim dari termodinamika kimia.

Dalam termokimia ada dua hal yang perlu diperhatikan yang menyangkut perpindahan energi, yaitu sistem dan lingkungan.

Pengertian sistem
Sistem adalah Segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian dalam mempelajari perubahan energi. Reaksi kimia yang sedang diuji cobakan (reagen-reagen yang sedang dicampurkan) dalam tabung reaksi merupakan sistem.

Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah hal-hal di luar sistem yang membatasi sSstem (mengelilingi sistem) dan dapat mempengaruhi sistem. Dalam halini, tabung reaksi, tempat berlangsungnya reaksi kimia, merupakan lingkungan.

Berdasarkan interaksinya dengan lingkungan, sistem dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
Sistem TerbukaSistem terbuka adalah suatu sistem yang memungkinkan terjadi perpindahan energi dan zat (materi) antara lingkungan dengan sistem. Pertukaran materi artinya ada hasil reaksi yang dapat meninggalkan sistem (wadah reaksi), misalnya gas, atau ada sesuatu dari lingkungan yang dapat memasuki sistem.

Sistem Tertutup
Suatu sistem yang antara sistem dan lingkungan dapat terjadi perpindahan energi, tetapi tidak dapat terjadi pertukaran materidi sebut sistem tertutup.

Sistem Terisolasi
Sistem terisolasi merupakan sistem yang tidak memungkinkan terjadinya perpindahan energi dan materi antarasi stem dengan lingkungan.

Tujuan Utama Termokimia = Pembentukan kriteria untuk spontanitas transformasi yang di perlukan.



Contoh dalam kehidupan sehari-hari 
1. Gas Elpiji (LPG) 
2. Termometer
3. Pembakar Batu Bara
4. Reaksi kimia
5. Perubahan fase
6. Pembentukan larutan

Termokimia merupakan bagian dari ilmu kimia yang mempelajari reaksi-reaksi kimia beserta perubahan kalor yang menyertainya...... Kalor adalah bentuk energi yang berhubungan dengan perbedaan temperatur atau suhu...tetapi kalor tidak sama dengan suhu... sebagai ilustrasi perhatikan contoh berikut :

Apabila kita memanaskan dua panci air, kedua panci mempunyai suhu yang sama yakni 250C dan kita panaskan hingga keduanya bersuhu 750C. Panci pertama berisi 1 liter air sedangkan panci kedua berisi 2 liter air. Dari peristiwa ini dapat dikatakan bahwa perubahan temperatur kedua benda sama yakni 750C - 250C = 500C. Namun, kalor air dalam panci kedua dua kali lebih besar dari air dalam panci pertama.... karena jumlah airnya 2 kali lebih banyak. Jadi selain dipengaruhi oleh temperatur, kalor juga dipengaruhi oleh kapasitas kalor benda