Pengertian Kenangan Menurut Sains

Kenangan, secara akal dan logika kenangan adalah kisah yang telah terjadi di masa lampau. Kisah ini bisa tentang keceriaan maupun kesedihan. Sedangkan menurut kamus KBBI Kenangan itu adalah ingatan, teringat mengingat kembali; membangkitkan kembali dalam ingatan; membayangkan lagi.

Pengertian Kenangan Menurut Sains

Nah, setelah kita membahas dari segi bahasa kita akan membahas kenangan dari segi sains, dimana kenangan pastinya tersimpan di dalam otak. Bahkan para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa otak menyimpan kenangan sebagaimana pola listrik yang bergerak melalui neuron.

Otak mempunyai memori yang kuat bahkan bisa menyimpan kenangan yang sangat banyak, memang para peneliti tahu bahwa sinapsis, ruang antara neuron, di mana informasi mengalir dari satu neuron ke neuron berikutnya penting untuk memori dan sebagian besar fungsi neurologis lainnya. Akan tetapi, para ilmuwan masih tidak mengerti banyak tentang bagaimana cara kerjam mereka, termasuk bagaimana mereka mempengaruhi ukuran informasi ditransmisikan atau disimpan di otak.

Kenangan yang ada di otak dengan berjalannya usia yang semakin tua akan semakin melemah, kenangan itu bahkan bisa menghilang dari memori, atau biasa kita sebut dengan pikun.

Pikun adalah keadaan dimana seseorang mengalami kehilangan fungsi otak yang bersifat progesif (berkembang semakin memburuk) seperti gangguan daya ingat, perilaku, sikap, dan berkomunikasi yang akhirnya dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Tidak hanya menyerang usia lanjut, bahkan di zaman sekarang dengan tingkat srress tinggi usia mudapun bisa menjadi pikun.

Dengan mempelajari sistem memori, banyak para ilmuan berfikir bisa merekayasa ingatan. Dengan cara merekayasa otak yang bisa membuat memori pada ingatan dapat di edit, bahkan di hapus lalu bisa juga di tambahkan, layaknya sebuah hardisk pada komputer, nampaknya hal tersebut seperti kisah fiksi saja dalam dunia fantasy, tapi kembali lagi sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin di masa depan.

Demikian artikel Pengertian Kenangan Menurut Sains semoga bisa bermanfaat.