Pengertian Demokrasi dan Jenisnya Lengkap

Negara indonesia adalah negara demokrasi. Hal itu tercermin dari adanya pemilu, wakil rakyat dan adanya kebebasan berpendapat yang telah dijamin undang-undang. Tapi tahukah kalian sebenarnya apakah arti demokrasi itu?
Pengertian Demokrasi dan Jenisnya Lengkap
demo adalah contoh kebebasan berpendapat
Demokrasi berasal dari bahasa Yunani demokratia "kekuasaan rakyat", yang terbentuk dari demos yang artinya  "rakyat" dan kratos yang artinya "kekuatan" atau "kekuasaan" .

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara. Kekuasaan tertinggi negara demokrasi ada di tangan rakyat.

Arti dari kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat adalah rakyatlah pemegang kekuasaan tertinggi dalam setiap kehidupan dalam bermasyarakat dan bernegara. Rakyatlah yang menentukan bagaimana negara tersebut akan dibentuk, dengan bantuan wakil rakyat

Dalam negara ada yang memerintah dan ada juga yang diperintah, yang memerintah negara disebut pemerintah dan yang diperintah oleh negara disebut rakyat. Oleh karena itu, keberadaan suatu negara sangat ditentukan oleh dukungan rakyat.


Jenis demokrasi
Ada beberapa jenis demokrasi, tetapi hanya ada dua bentuk dasar. Keduanya menjelaskan cara seluruh rakyat menjalankan keinginannya. Bentuk demokrasi yang pertama adalah demokrasi langsung, yaitu semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Di kebanyakan negara demokrasi modern, seluruh rakyat masih merupakan satu kekuasaan berdaulat namun kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan; ini disebut demokrasi perwakilan. 

Sumber: wikipedia dan brainly

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel