Kenapa Di Indonesia Tidak Ditemukan Fosil Dinosaurus?

Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura (sekitar 201 juta tahun yang lalu) hingga berakhirnya periode Kapur (65 juta tahun yang lalu), dan kemudian musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum Era Mesozoikum.


Kenapa Di Indonesia Tidak Ditemukan Fosil Dinosaurus?

Sejak fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi atraksi utama di berbagai museum di seluruh dunia, dan dinosaurus juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan dunia.

Tingginya antusiasme publik terhadap dinosaurus menyebabkan meningkatnya aliran dana untuk membiayai penelitian dinosaurus, dan penemuan-penemuan terbaru secara teratur selalu diliput oleh media.

Lalu kenapa kita tidak pernah mendengar kabar ditemukannya fosil dinasaurus di Indonesia?

Dinosaurus hidup di era mesozoik. Di era tersebut, benua-benua yang kita kenal sekarang menyatu dalam satu daratan superbenua yang disebut Pangea.

Kepulauan Indonesia sebagaimana yang kita kenal sekarang relatif belum terbentuk pada masa itu. Itu sebabnya kita tak menemukan fosil dinosaurus di Indonesia.


Secara umum daratan di Indonesia berumur sekitar 30 juta tahun. Dibandingkan dengan masa punahnya Dinosaurus yang pada 65 juta tahun yang lalu. Tentu saja sangat tidak mungkin ditemukan hewan ini disini.

Hewan yang mungkin di temukan di Indonesia hanyalah hewan-hewan purba berumur 10 sampai 20 juta tahun lalu seperti gajah purba, mamalia bahkan manusia purba yang bisa ditemukan di Sangiran. Namun usia fosil manusia ini tentu masih lebih muda dibandingkan yang lainnya.

Sumber: wiki dan quora