Jenis-Jenis Puyuh Petelur Lengkap

Puyuh adalah nama untuk beberapa genera dalam familia Phasianidae. Burung ini berukuran menengah. Burung puyuh dari Dunia Baru (famili Odontophoridae) dan puyuh kancing (famili Turnicidae) tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip.

Jenis-Jenis Puyuh Petelur

Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. Mereka pemakan biji-bijian namun juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Mereka bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek.

Beberapa spesies seperti puyuh jepang adalah migratori dan mampu terbang untuk jarak yang jauh. Beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar. Puyuh jepang diternakkan terutama karena telurnya.

Berdasarkan warna bulunya, puyuh dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok yaitu puyuh warna putih, puyuh warna hitam atau coklat dan puyuh persilangan. Perbedaan ke tiga bangsa puyuh tersebut ditunjukkan oleh perilaku dan teknik pemeliharaan.

Namun dalam produktivitasnya sebagai penghasil telur, ke tiga bangsa puyuh tersebut cenderung tidak memiliki perbedaan. Selain berdasarkan warna bulu, bangsa puyuh juga dapat dikelompokkan berdasarkan jumlah jari-jari kaki, bangsa puyuh dikelompokkan menjadi dua famili yaitu famili Phasianidae dan famili Turnicidae. Perbedaan kedua bangsa puyuh tersebut ditunjukkan oleh kebiasaan jantan dalam mengerami telur

Dari ketiga kelompok warna bulu puyuh ataupun berdasarkan jumlah jari kaki, banyak sekali bangsa puyuh yang ada di dunia ini, beberapa diantaranya : Puyuh Japonika, Puyuh Pepekoh, Puyuh Gonggong Jawa, Puyuh Gonggong Biasa, Puyuh Bar Backed, Puyuh Sumatera, Puyuh Gonggong Kalimantan, Puyuh Turnik, Puyuh Mahkota, Puyuh Scaled, Puyuh Gambels, Puyuh Albino, Puyuh Tegalan Loreng, dan lainnya