8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Vegetasi (dari bahasa Inggris: vegetation) dalam ekologi adalah istilah untuk keseluruhan komunitas tetumbuhan di suatu tempat tertentu, mencakup baik perpaduan komunal dari jenis-jenis flora penyusunnya maupun tutupan lahan (ground cover) yang dibentuknya. 

Vegetasi merupakan bagian hidup yang tersusun dari tetumbuhan yang menempati suatu ekosistem, atau, dalam area yang lebih sempit, relung ekologis. Padang rumput, Gurun, tundra, hutan basah, hutan gugur, dan taiga merupakan contoh-contoh vegetasi.

Istilah vegetasi berbeda, dan lebih luas cakupannya, dari flora. Pengertian flora hanya merujuk kepada kekayaan jenis tetumbuhan yang ada di suatu wilayah atau kurun waktu tertentu; sedangkan vegetasi dicirikan pula oleh kekayaan bentuk hidup (life form), struktur, periodisitas; selain juga oleh ciri-ciri floristik yang khas. 

Istilah vegetasi atau tipe vegetasi hampir sama pengertiannya, dan sering pula dipertukarkan, dengan komunitas tetumbuhan; namun yang akhir ini umumnya memiliki cakupan wilayah yang lebih sempit. Tipe vegetasi dibedakan berdasarkan karakter floristik tertentu, misalnya asosiasi spesies-spesies yang dominan, atau karakter lingkungan seperti jenis tanah dan iklim.

Vegetasi biasa dilakukan oleh ilmuwan ekologi untuk mempelajari kemelimpahan jenis serta kerapatan tumbuh tumbuhan pada suatu tempat. Persebaran Tumbuhan ditentukan oleh faktor geologis, geografis (seperti ketinggian dan garis lintang) dan curah hujan. Semakin tinggi suatu tempat dari permukaan laut dan letaknya semakin jauh dari garis lintang, di tempat tersebut suhunya semakin menurun. 

Setiap kenaikan ketinggian 100 meter dari permukaan laut dan kenaikan garis lintang maka sebesar 10 suhu daerah tersebut akan turun 50 C, dari perbdaan-perbedan itulah muncul macam-macam vegetasi

1. Padang Rumput
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Padang rumputadalah suatu wilayah yang tumbuhannya didominasi  vegetasi rerumputan dengan karakteristik wilayah sebagai berikut.
a. Terletak di daerah tropis sampai subtropis.
b. Curah hujan berkisar antara 25 cm–50 cm per tahun.
c. Terdapat di daerah basah, seperti Amerika Utara dan India.

2. Gurun 
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Gurunmerupakan daerah tandus di permukaan bumi yang ber batasan dengan padang rumput dan semakin menjauh dari padang rumput kondisinya semakin gersang. Ciri-ciri gurun, antara lain sebagai berikut.
a. Curah hujan rendah (kurang dari 25 cm per tahun).
b. Hujan turun tidak teratur dan tidak pernah lebat.
c. Matahari sangat terik (pada musim panas suhu mencapai ± 40°C). 
d. Amplitudo suhu harian yang terjadi sangat besar.

3. Tundra
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Tundraadalah daerah dingin (beku), dengan ciri-ciri sebagai berikut.
a. Terletak hanya di daerah kutub utara.
b. Memiliki iklim kutub.
c. Pohon relatif pendek, seperti semak dan lumut.
d. Masa pertumbuhan vegetasi sangat pendek.

4. Hutan Basah 
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Hutan basah terdapat di daerah tropis dan subtropis. Hutan ini 
sepanjang tahun selalu mendapatkan air dan memiliki spesies pepohonan yang beragam. 
Ciri-cirinya sebagai berikut.
a. Masa pertumbuhannya lama.
b. Jenis tumbuhannya bervariasi.
c. Ketinggian vegetasi 20 m sampai 40 m.
d. Berdaun lebar.
e. Hutan memiliki kelembapan tinggi.
f. Jenis pohon sulur sampai kayu keras.

5. Hutan Gugur
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Hutan ini selain didominasi padang rumput, juga memiliki tumbuhan yang daunnya gugur pada musim gugur. Hutan gugur memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Curah hujan merata sepanjang tahun.
b. Curah hujan antara 75 cm–100 cm per tahun.
c. Terdapat di daerah yang memiliki empat musim.
d. Kondisi vegetasi tidak terlalu rapat.
e. Ketinggian tumbuhan 10 m–20 m.
f. Jumlah spesiesnya sedikit.

6 Taiga
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Taiga' adalah hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya. Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain rusa besar, beruang hitam, beruang, rubah, serigala, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur. Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada.

7. Sabana
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Sabana adalah ekosistem besar dengan daerah luas berupa wilayah padang rumput yang terdiri atas pohon – pohon yang tumbuh dengan jarang dan diselingi oleh semak belukar serta rumput – rumputan yang terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis dan astronomis di daerah tropis atau subtropis dengan curah hujan antara 90 – 150 cm/ tahun.Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis.

Padang rumput sabana secara alami terbentuk umumnya disebabkan oleh cuaca dengan tingkat curah hujan yang rendah, yakni hanya sekitar 30 mm/ tahun. Curah hujan yang rendah ini menyulitkan tumbuhan untuk menyerap air. Sehingga mengakibatkan hanya jenis tumbuhan rumput yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering.

Ciri-ciri dari bioma sabana:
  • Daerah wilayah bioma sabana memiliki suhu yang panas sepanjang tahun
  • Memiliki curah hujan sekitar 90 – 150 cm/ tahun
  • Hujan terjadi secara musiman dan menjadi faktor penting bagi terbentuknya sabana
  • Lapisan tanahnya merupakan daerah resapan air dan sistem pengairan yang baik
  • Sabana berubah menjadi semak belukar jika terbentuk di daerah yang intensitas curah
  • hujannya semakin rendah
  • Sabana akan berubah menjadi hutan basah belukar jika terbentuk di daerah yang intensitas curah hujannya semakin tinggi
  • Pada umumnya daerah bioma sabana akan mengalami kekeringan yang panjang setiap tahunnya.
8. Stepa
8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim

Stepa berasal dari bahasa inggris yaitu steppe yang artinya adalah padang rumput. Stepa merupakan sebuah dataran yang berupa padang rumput yang terbentang dari daerah tropis sampai ke daerah subtropis yang memiliki curah hujan sedikit. Stepa berbentuk semi-gurun yang tertutup oleh rumput atau semak yang tergantung berdasarkan musim dan garis lintang. Istilah stepa digunakan untuk menunjukkan iklim pada suatu daerah yang terlalu kering. 

Jadi bioma stepa ini adalah suatu ekosistem pada daerah yang luas berbentuk dataran semi-gurun yang tertutup oleh rumput atau semak tergantung berdasarkan musim dan garis lintang, yang terbentang dari daerah tropis sampai ke daerah subtropis.

Terbentuknya Bioma Stepa secara alami disebabkan oleh cuaca yang memiliki tingkat curah hujan rendah, yaitu hanya sekitar 30 mm/tahun. Hal ini mengakibatkan tumbuhan kesulitan untuk menyerap air sehingga hanya jenis tumbuhan rumput yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering.

Ciri-ciri dari bioma stepa:
  • Curah hujan yang tidak teratur, antara 250-500 mm/tahun
  • Suhu 19ºC – 30ºC saat musim panas, 12ºC – 20ºC saat musim dingin
  • Suhu udara di siang 45ºC dan di malam hari sekitar 0ºC
  • Memiliki kelembaban udara yang sangat rendah
  • Evaporasi (penguapan) tinggi yang lebih cepat dari prepitiasi (hujan)
Demikian artikel 8 Jenis Vegetasi Alam atau Bioma Menurut Iklim semoga bisa bermanfaat