4 Hasil dari Proses Akutansi

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.

4 Hasil dari Proses Akutansi

Proses dari akuntansi keuangan akan menghasilkan sebuah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan pada suatu periode tertentu. Adapun hasil dari proses akuntansi tersebut berupa laporan keuangan.

Tujuan penyajian laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan ataupun kinerja perusahaan yang bermanfaat bagi pengguna dalam rangka membuat keputusan ekonomi. Selain itu melalui laporan keuangan tersebut juga menunjukkan adanya pertanggungjawaban (stewardship) manajemen atas penggunaan sumber daya yang telah dipercayakan kepadanya.

1. Neraca (Balance Sheet)
Neraca adalah suatu daftar yang terdiri atas harta, utang dan modal pada saat tertentu. Dalam neraca selalu menunjukkan adanya keseimbangan antarsisi Debit (kiri) dengan sisi Kredit (kanan). Sisi Debit berisi tentang Harta/ aktiva yang terdiri dari aktiva lancar dan aktiva tetap. 

Aktiva lancar disusun berdasarkan tingkat kecepatan dariaktiva tersebut untuk dijadikan kas atau tingkat kecepatannya digunakan dalam operasi. Susunan pada aktiva biasanya diurutkan sebagai berikut: Kas pada urutan yang pertama, diikuti Piutang, perlengkapan, sewa dibayar di muka atau asuransi dibayar di muka, dan aktiva lancar lainnya.

Selanjutnya baru disajikan aktiva yang sifatnya tetap yaitu tanah, bangunan, peralatan, kendaraan, dan lainnya. Sedangkan sisi Kredit berisi tentang utangdan modal. Utang jangka pendek (masa pembayaran kurang dari satu tahun) disajikan pada urutan pertama baru diikuti dengan jangka panjang (masa pembayaran lebih dari satu tahun). Adapun susunannya adalah utang usaha, utang gaji karyawan dan utang beban, utang pajak, dan lain-lain. Selanjutnya baru diikuti dengan utang jangka panjang antara lain utang hipotek dan utang jangka panjang lainnya serta yang paling akhir adalah modal pemilik. Bentuk Neraca ada dua yaitu berbentuk Akun(account form) dan bentuk laporan(report form).

2. Laporan Laba Rugi (Income Statement)
Laporan laba rugi adalah laporan tentang pendapatan dan beban yang terjadi selama satu periode waktu tertentu.

Dalam kaitannya dengan operasi perusahaan yang utama, pendapatan ini dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pendapatan operasi/usaha (operating income), pendapatan nonoperasi/bukan usaha (nonoperating income). Pendapatan usaha merupakan pendapatan yang diperoleh perusahaan dari kegiatan utama atau yang menjadi tujuan utama perusahaan. Misalnya untuk perusahaan jasa fotokopi, pendapatan utama dari usahanya berupa ongkos dari hasil fotokopi, jilid, dan laminating. Sedangkan pendapatan non operasi berupa bunga jika perusahaan menyimpan uang di bank.

Format laporan laba rugi ini digolongkan dalam dua macam bentuk yaitu format setahap (single step) dan format bertahap (multiples step). Dalam format setahap ini penyajian laporan laba rugi dilakukan dengan mengumpulkan semua pendapatan menjadi satu baik pendapatan usaha maupun non usaha selanjutnya dikurangi dengan total biaya. Oleh karena itu pengurangan hanya sekali atau setahap, yaitu total pendapatan dikurangi dengan total beban. Sedangkan untuk format bertahap ini penyajian laporan laba rugi dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu mengelompokkan pendapatan usaha dikurangi dengan beban usaha dinamakan laba usaha selanjutnya baru ditambahkan/dikurangi dengan pendapatan non usaha/beban non usaha. Pada umumnya perusahaan menyajikan laporan laba rugi dalam format bertahap (multiples step)

3. Laporan Perubahan Modal/Ekuitas (Equity Statement)

Laporan perubahan ekuitas merupakan laporan yang menyajikan tentang perubahan ekuitas pemilik selama satu periode waktu tertentu. Laporan ini merupakan penghubung antara laporan laba rugi dengan neraca. Ada dua hal yang menyebabkan berubahnya ekuitas/modal yaitu : perusahaan memperoleh laba atau menderita rugi, dan yang adanya penyetoran modal dari pemilik atau pengambilan (prive) pemilik.

4. Laporan Arus Kas(Cash Flows State-ment)

Laporan arus kas merupakan laporan yang menyajikan informasi tentang pengelolaan kas (kas masuk dan kas keluar) selama satu periode waktu tertentu. Laporan arus kas ini terdiri atas tiga bagian yaitu sebagai berikut.

a. Arus kas dari aktivitas operasi (operating activity),
bagian ini berisi tentang ikhtisar penerimaan dan pengeluaran kas yang menyangkut tentang kegiatan perusahaan. Penerimaan kas ini di antaranya meliputi penerimaan uang dari pelanggan karena menyerahkan barang atau jasa, pendapatan dari investasi (penerimaan bunga maupun dividen). Sedangkan pengeluaran kas meliputi pembayaran utang, pembayaran gaji, pembayaran bunga maupun pembayaran pajak.

b. Arus kas dari aktivitas investasi (investing activity),
bagian ini berisi tentang transaksi kas untuk pembelian atau penjualan aktiva tetap. Transaksi tersebut antara lain adalah pembelian mesin, peralatan dan aktiva tetap yang lain akan mengurangi kas. Selain itu juga penjualan aktiva tetap akan menambah kas dari aktivitas investasi ini.

c. Arus kas dari aktivitas pendanaan(financing activity),
bagian ini berisi tentang transaksi kas yang berhubungan dengan penanaman/investasi pemilik maupun pemberian pinjaman dari kreditur. Transaksi yang berkaitan dengan arus kas dari aktivitas pendanaan ini antara lain; penambahan modal dari pemilik, penerimaan pinjaman jangka panjang, pelunasan utang jangka panjang, atau penarikan modal oleh pemilik.

Demikian artikel 4 Hasil dari Proses Akutansi  semoga bisa bermanfaat.
Sumber: Fp friends learning together
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging