Bagian Tubuh yang Paling Cepat Sembuh jika Terluka

Hallo agan...Tahukah agan bagian tubuh manusia apa yang menyembuhkan diri paling cepat jika terluka? Jawabnnya adalah lidah.

Bagian Tubuh yang Paling Cepat Sembuh jika Terluka
lidah Bagian Tubuh yang Paling Cepat Sembuh jika Terluka, by pixabay

Baca juga: Bagian tubuh manusia yang paling bersih

Lidah adalah organ tubuh yang paling cepat beregenerasi. Ia hanya membutuhkan waktu 10-14 hari untuk memperbarui 9.000 sel perasanya.


Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. 

Tunas pengecap adalah bagian pengecap yang ada di pinggir papila, terdiri dari dua sel yaitu sel penyokong dan sel pengecap. Sel pengecap berfungsi sebagai reseptor, sedangkan sel penyokong berfungsi untuk menopang.  Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.

Sebagian besar, lidah tersusun atas otot rangka yang terlekat pada tulang hyoideus, tulang rahang bawah dan processus styloideus di tulang pelipis. Terdapat dua jenis otot pada lidah yaitu otot ekstrinsik dan intrinsik.

Sebagian besar kerusakan  atau luka pada lidah biasanya disebabkan oleh makanan panas dan lidah akan menyembuhkan diri dalam  dua hari atau kurang. Hal ini dikarenakan sel-sel lidah terus beregenerasi dan regenerasinya lebih cepat dari bagian tubuh lain

waktu pemulihan lidah dapat melambat jika individu mengkonsumsi buah jeruk dan jus karena makanan tersebut dapat memperburuk kerusakan yang ada untuk lidah

Demikian artikel saya tentang Bagian tubuh yang paling cepat sembuh jika terluka semog a bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel