Lembaga-Lembaga Kerja Sama Antarnegara Bidang Politik

Dalam menyelenggarakan kerja sama politik antarnegara, diperlukan lembaga politik internasional untuk mengatur kerja sama yang diselenggarakan. Lembaga politik tersebut berfungsi memberikan pertimbangan hukum dan etika sehingga negara-negara anggota sehingga negara-negara anggota lembaga bertindak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

Melalui lembaga politik internasional, indonesia dapat berperan akif memperjuangkan kepentingan nasional dan berperan aktif mewujudkan ketertiban dan perdamaian dunia. Tahukah kamu, apa saja lembaga kerja sama politik internasional?


Dua contoh lembaga kerja sama internasional, yaitu ASEAN dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). ASEAN merupakan lembaga kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara, sedangkan PBB adalah lembaga kerja sama negara-negara seluruh dunia. Kedua lembaga tersebut dimanfaaatkan oleh Indonesia  sebagai sarana untuk berperan aktif dalam kerjasama politik internasional.

1. ASEAN sebagai Lembaga Kerja Sama Politik Regional



Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Selain Indonesia, negara-negara lain yang berada di kawasan yang sama, di antaranya Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Jika dilihat dari letak geografisnya, Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat strategis karena letaknya berada di jalur perdagangan internasional. Hal tersebut menjadikan negara-negara di kawasan Asia Tenggara memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi negara maju.

Sebagai negara bertetangga, negara-negara di kawasan Asia Tenggara senantiasa bahu-membahu melakukan kerja sama antarnegara. Berbagai bentuk kerja sama tersebut ditujukan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan setiap negara. Di samping itu, sudah selayaknya sebagai negara yang bertetangga untuk saling bantu, saling menghormati, dan hidup berdampingan antara yang satu dan lainnya.

Salah satu bentuk kerja sama negara-negara di kawasan Asia Tenggara adalah Association of South East Asian Nations (ASEAN). ASEAN merupakan Forum kerja sama regional antar negara di kawasan Asia Tenggara. Dasar perwujudan ASEAN adalah persamaan latar belakang budaya, persamaan senasib sebagai negara yang Pernah mengalami penjajahan bangsa-bangsa barat. Hal tersebut akhirnya menimbulkan perasaan setia kawan yang kuat di kalangan bangsa-bangsa yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Melalui forum kerja sama ini, negara-negra anggota ASEAN berkomitmen untuk saling menghormati terhadap kemerdekaan, wilayah kedaulatan negara, meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional, serta melakukan penyelesaian pertengkaran dan persengketaan secara damai.


2. PBB sebagai Lembaga Kerja Sama Politik Dunia



Perserikatan Bangsa-Bangsa atau biasa disingkat PBB merupakan lembaga internasional yang anggotanya hampir semua negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi daalam hukum internasional, pengembangan ekonomi, perlindungan sosial, hak asasi dan pencapaian perdamaian dunia.


PBB didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks. Pada awalnya PBB hanya Beranggotakan 50 negara, kemudian keanggotaan PBB makin bertambah hingga berjumlah 193 negara pada tahun 2011. Hampir semua negara yang telah merdeka dan berdaulat mendaftarkan diri sebagai anggota PBB. 

Indonesia resmi menjadi anggota PBB yang ke-60 setelah pengakuan Kedaulatan Indonesia oleh Belanda dalam Konferensi Meja Bundar. Sebagai anggota PBB, Indonesia memiliki perwakilan tetap untuk PBB di New York dan Genewa.


Tugas perwakilan tetap Indonesia di PBB adalah untuk mewakili seluruh kepentingan Indonesia di PBB seperti keamanan, hak asasi manusia, lingkungan hidup, kerja sama ekonomi, dan kepentingan lainnya.

Indonesia telah terpilih sebanyak tiga kali sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB. Indonesia pertama kali dipilih untuk periode 1974-1975. Indonesia kemudian dipilih kembali untuk kedua kali pada periode 1995-1996 dan untuk yang ketiga kali pada periode 2007-2008.

Dewan Keamanan adalah salah satu dari enam badan utama PBB. Dewan Keamanan diberikan mandat untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional.


Demikian artikel saya tentang  Lembaga-Lembaga Kerja Sama Antarnegara Bidang Politik Semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel