Fungsi dan Peran Tanah Bagi Kehidupan

Tanah merupakan hasil dari pelapukan batuan-batuan dan sisa-sisa bahan organik yang hancur karena proses alamiah. Tanah memiliki fungsi dan peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Tanah dimanfaatkan oleh manusia sebagai lokasi tempat tinggal dan tempat menjalankan berbagai aktivitas kehidupan manusia. Rumah, gedung, dan hotel tentunya dibangun di atas permukaan tanah. Hal tersebut membuat tanah memiliki nilai ekonomis karena dapat diperjual belikan atau disewakan.

tanah

Selain itu, tanah juga digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Berbagai macam kebutuhan pangan manusia membutuhkan tanah untuk membudidayakannya. Pertanian dan perkebunan merupakan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang sangat membutuhkan tanah.

Tanah memberikan kesuburan bagi tanaman-tanaman yang hidup di atasnya.  Kesuburan tanah sangat tergantung dengan jenis tanahnya. Tanah yang berasal dari material gunung api mengandung berbagai unsur hara yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Jumlah dan jenis unsur hara yang ada di dalam tanah harus selalu seimbang. Kesuburan tanah juga dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam memanfaatkan tanah. Tanah yang diperlakukan secara sembarangan oleh manusia akan menjadi tidak subur, misalnya tidak pernah dipupuk dan selalu ditanami sepanjang tahun tanpa diistirahatkan.

Tanah juga memiliki fungsi ekologis yaitu tempat untuk menyimpan cadangan air. Bencana kekeringan dan banjir adalah salah satu akibat apabila fungsi ekologis tanah rusak. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga tanah agar berbagai macam bencana dapat dicegah.

Tanah daratan di Indonesia sebagian besar merupakan jenis tanah vulkanis yang sangat subur. Tanah memiliki kesuburan yang baik karena berasal dari material-material gunung api ketika erupsi. Material ini mengandung banyak unsur hara yang sangat berguna bagi perkembangan tanaman. Tanah vulkanis umumnya dijumpai di daerah sekitar gunung api, seperti lereng Gunung Merapi di DIY dan sebagian Jateng dan lereng Gunung Sinabung di Kabupaten Tanahkaro Sumatra Utara. Indonesia merupakan negara yang mengandalkan sektor pertanian sebagai sektor utama mata pencaharian penduduk.

Jika dirangkum maka fungsi dan peran tanah bagi kehidupan di bumi adalah sebagai berikut:

  1. Tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran.
  2. Penyedia kebutuhan primer tanaman (air, udara, dan unsur-unsur hara).
  3. Penyedia kebutuhan sekunder tanaman (zat-zat pemacu tumbuh: hormon, vitamin, dan asam-asam organik; antibiotik dan toksin anti hama; enzim yang dapat meningkatkan kesediaan hara).
  4. Sebagai habitat biota tanah, baik yang berdampak positif karena terlibat langsung atau tak langsung dalam penyediaan kebutuhan primer dan sekunder tanaman tersebut, maupun yang berdampak negatif karena merupakan hama & penyakit tanaman.
  5. Penyediaan unsur hara untuk tumbuhan. Ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat produksi suatu tumbuhan. Jumlah dan jenis unsur hara yang tersedia di tanah dan dibutuhkan oleh tumbuhan haruslah sesuai dan seimbang.
  6. Penyedia makanan untuk biota tanah. Tanah menjadi habitat pengurai yang menguraikan sisa organisme mati menjadi bahan makanan yang dibutuhkan oleh tanaman dan organisme lain.
  7. Sumber bahan baku barang kerajinan atau perabot rumah tangga. Kandungan tanah liat dapat di manfaatkan manusia untuk membuat batu bata, barang-barang seni dan kerajinan, maupun alat-alat rumah tangga. Tanah liat juga dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai bahan baku genteng penutup atap rumah atau bangunan.
  8. Memiliki nilai ekologi, yaitu mampu menyerap dan menimpan air (melindungi tata air), menekan erosi, serta menjaga kesuburan tanah.
  9. Memiliki nilai ekonomis yaitu sebagai aset yang dapat disewakan atau diperjual belikan dan mengandung barang tambang atau bahan galian yang berguna untuk manusia.
  10.  Fungsi keseimbangan ekologis, Bagi manusia tanah sangat berperan penting dalam mempercepat proses penyerapan. Di perkotaan sangat rawan terjadi banjir karena tanahnya sudah mengeras di jadikan aspal. Namun tanah turut membantu penyerapan air lebih cepat dilakukan sehingga air hujan yang turun, tidak terlalu lama tergenang sehingga menyebabkan banjir.
Demikian artikel dari saya tentang  Fungsi dan Peran Sumberdaya Alam  Nonhayati Tanah bagi kehidupan di bumi semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel