Fungsi dan Peran Sumber Daya Hewani bagi Kehidupan

Semua makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini merupakan sumber daya alam hayati. Sumber daya alam dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati dan Sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumber daya alam hewani.


Semua makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini merupakan sumber daya alam hayati. Sumber daya alam dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati dan Sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumber daya alam hewani. Nah kali ini kita akan membahas yang hewani

Sumber daya alam hewani digunakan sebagan sumber pangan, dalam hal ini pangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk makanan sehari hari, misalnya ikan, hewan ternak dan lainya. Hewan dimanfaatkan juga sebagai benda-benda seni kerajinan tangan manusia yang bernilai seni kreatif. Misalnya hewan yang mempunyai bulu yang indah diawetkan dan digunakan untuk hiasan rumah. Hewan ternak juga dapat digunakan sebagai sarana bersosialisasi dan mengembangkan budaya seperti Karapan Sapi yang ada di Madura. Pemanfaatan hewan seperti sapi, kerbau dimanfaatkan tenaganya untuk bajak sawah. Dalam bidang teknologi sumber daya hewan juga dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai budaya manusia dan nilai kehidupan, seperti bentuk kapal selam diadopsi dari cara ikan menyelam, bentuk pesawat ditiru dari struktur morfologi burung.


1. Perikanan


Perikanan merupakan sumber daya alam hayati yang sangat potensial di Indonesia. Wilayah Indonesia sendiri 2/3 nya ialah peraran. Sumber daya perikanan merupakan sumber makanan bagi kehidupan manusia. Ikan sangat digemari oleh manusia karena mengandung gizi yang tinggi. Jepang salah satu negara maju di Asia adalah negara yang sangat tinggi tingkat konsumsi ikannya terutama ikan laut. Hasil dari perikanan selain dikonsumsi sendiri juga digunakan dapat diekspor ke negara lain. Ekspor perikanan Indonesia cukup tinggi. Pada tahun 2013 nilai ekspor perikanan Indonesia mencapai 4,19 milliar dollar AS. Nilai ini diperkirakan dapat lebih tinggi lagi karena masih banyak pencurian yang terjadi terutama di perairan laut Indonesia. Selain itu, sumber daya perikanan juga sering dimanfaatkan manusia untuk mencari sarana hiburan yaitu dengan memancing ikan baik itu di perairan darat ataupaun laut.


2. Peternakan



Peternakan meupakan salah satu sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia. Sumber daya alam hayati ini dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Peternakan dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

(a) Peternakan Potong dan Kerja

Jenis peternakan ini dimanfaatkan manusia untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membajak sawah, mengangkat barang-barang, dan alat transportasi. Selain dimanfaatkan tenaganya juga diambil dagingnya. Macam-macam yang termasuk didalam jenis ini antara lain sapi, kambing, kuda, dan domba.

(b) Peternakan Perah

Kalian tentu sering mengkonsumsi susu dalam kehidupan sehari-hari. Susu merupakan salah satu produk utama dalam peternakan ini. Sapi, kambing, dan kuda merupakan beberapa jenis hewan yang diambil produksi susunya untuk memenuhi kehidupan manusia. Susu merupakan salah satu sumber gizi bagi kehidupan manusia.

(c) Peternakan Unggas

Peternakan unggas ialah jenis hewan yang memiliki bulu dan sayap untuk diambil daging ataupun telurnya. Beberapa hewan yang termasuk didalamnya seperti ayam, bebek, merpati, dan kalkun.

(d) Aneka Satwa
Aneka satwa merupakan hewan yang belum lama didomestikasi. Jenis ini digunakan sebagai penghasil bahan pangan berprotein tinggi. Contoh aneka satwa diantaranya, lebah madu, ulat sutera, cacing tanah, burung unta, dan burung walet.

Demikian artikel saya tentang Fungsi dan peran sumber daya hewani bagi kehidupan semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian