Fungsi dan peran Sumber Daya Alam nabati bagi kehidupan

Semua makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan mikroba ybang ada di muka bumi ini merupakan sumber daya alam hayati. Sumber daya alam dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati dan Sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumber daya alam hewani. Nah kali ini kita akan membahas yang nabati.

Sebagian besar sumber daya alam nabati di negara kita berfungsi sebagai tanaman budidaya pangan, sandang, bahan baku kayu olahan, dan obat-obatan.

1.  Sumber daya alam nabati sebagai budi daya pangan

padi sebagi sumber pangan


Sumber daya lama nabati sebagai tanaman budi daya pangan dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Tanaman sebagai sumber karbohidrat seperti padi, jagung, ubi dan kentang. Tanaman sebagai sumber lemak antara lain kelapa, kacang tanah, dan kelapa sawit, sumber protein di antaranya kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan yang lainya, sedangkan sebagai sumber vitamin yaitu sayur-sayuran.


2. Sumber daya alam nabati sebagai budi daya sandang

kapuk sebagai bahan sandang



Sumber daya alam hayati yang digunakan dalam kehidupan sebagai sumber bahan sandang atau bahan pakaian antara lain kapas sebagai bahan dasar katun, serat rami sebagai bahan dasar rayon, dan serat sisal sebagai bahan dasar linen. Saat ini, inovasi sebagai bahan dasar kain dari tumbuhan diperoleh juga dari serat nanas dan pisang serta tanaman yang memiliki kandungan selulosa (serat tumbuhan) yang tinggi. Pakaian yang berasal dari bahan tumbuhan biasanya memiliki nilai harga yang tinggi karena produksinya yang terbatas dan perlakukan bahannya yang khusus selain itu mempunyai sifat yang hampir sama yaitu kuat, padat, mudah kusut, dan tahan penyetrikaan.
Bahan dasar kain dari tumbuhan diperoleh dari serat yang dimilikinya. Serat tersebut diperoleh dari biji, batang pohon, daun, dan buah. Berikut jenis tanaman yang digunakan bagiannya sebagai serat.
No. Bagian tanaman Nama tanaman
1. Biji   :Kapas, kapuk
2. Batang :(merambat) Flak, jute, rosella, henep, rami, urena, sun, dll
3. Daun   : Abaka, sisal, henequen
4. Buah   : Kelapa (sabut)
Tanaman-tanaman tersebut digunakan manusia untuk membuat bahan baju atau sebagai alat kebutuhan rumah tangga, misalnya keset. Banyak sekali hasil motif yang dihasilkan manusia dengan berbagai macam dan corak yang beranekaragam, sehingga menambah nilai keindahan pada pakaian-pakaian yang dikenakan oleh manusia.


3. Sumber daya alam nabati sebagai komoditi kayu olahan

Sebelum dikenal perkakas rumah tangga dari besi, alumunium dan sejenisnya, berbagai jenis kayu telah dimanfaatkan sebagai bahan baku utama untuk menopang kehidupan. Pemanfaatan kayu olahan dibuat untuk pembuatan mebel, seperti kayu jati dan kayu-kayu yang lain yang telah dibudidayakan dari hutan, seperti meranti, rasamala, rotan, dan bambu.


4. Sumber daya alam nabati sebagai bahan obat-obatan

Tanaman sebagai sumber daya alam nabati bagi manusia selain dapat digunakan sebagai sandang, pangan, dan bahan baku juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan lebih dikenal dengan apotek hidup, seperti kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, dan temulawak termasuk bunga Rosella.

Bunga Rosella merupakan salah satu sumber daya alam nabati yang banyak mengandung nutrisi/ gizi dan baik bagi kesehatan manusia. Fungsi dan kandungan nutrisi Rosella baik untuk mengatasi keluhan kesehatan yang di derita oleh seseorang dan bermanfaat sebagai bahan antiseptik. Adapun manfaat bunga Rosella untuk kesehatan manusia diantaranya:
(1) Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (menstabilkan tekanan darah), kolesterol, batuk, panas dalam, ambeien, jantung, dan lainnya.
(2) Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing dan ginjal.
(3) Sebagai pengganti cairan electrolyte tubuh yang hilang setelah berolah raga dan sebagai tonikum yang menyegarkan.
(4) Mengontrol berat badan, memperbaiki pencernaan dan mencerahkan kulit.

Bagi produsen penghasil produk olahan, bunga Rosella tersebut merupakan suatu aset peluang yang besar untuk meningkatkan perekonomian didalam rumah tangganya, karena dapat diperjual belikan di pasar. Selain berbagai jenis pemanfaatan yang telah dibahas berbagai tanaman lainnya yang juga dimanfaatkan di Indonesia antara lain sebagai berikut.
a) Jenis tanaman untuk keperluan industri. Manusia membudidayakan beberapa jenis tanaman secara luas dalam bentuk perkebunan. Contoh: teh, kopi, tebu, tembakaw, lada, gambir, vanili, dan sebagainya.
b) Jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai sumber minyak atsiri, antara lain cengkih, serai, tengkawang, kayu putih, dan kenanga.
c) Berbagai jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias dapat menyemarakkan kehidupan manusia dan juga meningkatkan nilai budaya. Contoh: anggrek, mawar, melati, dan lain-lain.
d) Tanaman yang dimanfaatkan sebagai sumber protein adalah kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lainnya.


Demikian artikel saya tentang  Fungsi dan peran Sumber Daya Alam nabati bagi kehidupan semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian yang sedang menacri informasi tersebut.