Terong Bisa Diolah Menjadi Dodol dan Nugget


Hallo Agan…Saya ingin membagikan sebuah posingan berita, yaitu berita tentang Terong Bisa Diolah Menjadi Dodol dan Nugget. Seperti yang kita tahu, trong adalah tanaman yang ditanam untuk diambil buahnya.Buah terong  memiliki berbagai macam warna ada yang bewarna ungu, hijau dan putih Buah yang memilki rasa pahit ini biasanya diolah Menjadi pelengkap masakan dan yang paling populer adalah sambel terong balado. Selainin masakan-masakan tersebut ternyata terong dapat diolah menjadi makanan seperti Dodol dan Nugget.

Tim peneliti dari jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto sudah berhasil mengolah terong menjadi Makanan cemilan berwujud dodol dan nugget. Orang yang menjadi anggota tim tersebut ingin menyosialisasikan diversifikasi terong menjadi berbagai macam makanan camilan di desa-desa.

 
dodol terong

nugget terong


Menurut Pusat Penelitian Pangan, Gizi dan kesehatan Unsoed mengatakan bahwa selama ini hasil pertanian Hortikultura seperti tumbuhan terong sering dipermainkan harganya oleh para tengkulak. Seperti pas musim panen terong harganya turun. Kebalikannya jika terong sedang tidak musim dan stok sedikit maka harga terong akan melambung tinggi. Oleh karena itu, saat sedang musim panen terong harus diolah menjadi makanan lain yang harganya lebih mahal misalnya dibuat dodol dan nugget.

Menurut Tim peneliti pertanian Unsoed, Membuat makanan dodol dan nugget dari terong itu adalah hasil dari pemikirannya dosen-dosen dan mahasiswa Unsoed. Tim tersebut melakukan penelitian tersebut hanya butuh waktu tiga bulan. Tim tersebut masih melakukan penelitian tentang membuat terong menjadi tepung. Tetapi hal tersebut belum bisa terealisasikan karena kadar zat pati yang terdapat pada teong kurang tinggi sehingga terong tidak bisa diolah  menjadi tepung. Terung hanya mempunyai kadar pati kurang lebih sebanyak  4%. Didalam penelitian tersebut sebuah terong dengan berat 100 gr hanya bisa menghasilkan 4 gr tepung pati. Jika terong diolah menjadi tepung pati hasilnya kurang memuaskan serta tidak seimbang dengan usaha yang telah dikeluarkan.

Harga terong jadi naik ketika sudah diolah menjadi dodol dan nugget. Dodol terong rasanya enak, wujunya juga tidak kalah menarik seperti camilan lain. Karena rasa dan wujudnya tidak mengecewakan, camilan dari bahan terong diharapkan akan diterima oleh masyarakat luas. Harga dodol dan nugget dari terong juga bersaing dengan harga dodol dan nugget dari bahan lain.

Karena hasil penelitian tentang cara mengolah terong menjadi dodol dan nugget, Tim Unsoed tersebut ingin menyebarkan ilmu mengolah terong menjadi dodol dan nugget kepada masyarakat. Tim Unsoed bukan hanya memberitahu cara mengolah tapi juga memberikan tatacara pemasaran olahan tersebut.



Demikian artikel berita dari saya gan. Tidak menyangka ya, terong dapat diolah menjadi dodol dan nugget. Semoga terong juga bisa diolah menjadi camilan lain yang tak kalah enak misalnya pizza terong atau roti terong gan, dan semoga maju terus ilmu pengethuan Indonesia.

Diolah dari majalah kiprah purworejo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel