Cara Mudah Membuat Pakan Lele Sendiri

Hallo Agan…Kali ini saya amau membagikan posingan tentang Cara Mudah membuat Pakan lele Sendiri gan. Budidaya ikan lele pada waktu sekarang sudah dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Untuk mengimbangi budidaye lele yang sangat banyak dan menjamur tentunya kita harus memperhatikan tentang persoalan pakannya juga. Tentunya pakan lele adalah hal yang sangat krusial dan penting bagi pembudidaya lele karena pakanlah yang akan membuat lele tetap hidup serta membuat lele cepat tumbuh. Biasanya pembudidaya lele membeli pakan atau pellet lele di warung. Tapi membeli pakan juga menghabiskan biaya yang  tidak sedikit apalagi pembudidaya mempunyai kolam lele yang luas.
image by fayroom,blogspot,com
Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah membuat pakan lele atau pellet sendiri. Selain untuk menghemat biaya, membuat pakan lele atau pellet juga bisa dijadikan peluang  bisnis yang menjanjikan jika disekitar agan banyak terdapat pembudidaya lele.
Selain lele banyak ikan air tawar lain yang bisa dibudidayakan untuk mendapatkan infonya Baca juga gan: 5 Jenis ikan air tawar yang sering dibudidayakan

Membuat pakan lele  harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, telaten dan sabar, tetapi mudah kok membuatnya jika sudah tau caranya. Bahan-bahan untuk membuat pakan lele juga harus memiliki kandungan gizi yang tinggi , memiliki kandungan protein dan memperhatikan kualitas dan kuantitas bahan pakan lele.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pakan lele/pellet antara lain:

1. Jagung
2. Gandum
3. dedak
4. konsentrat
5. ikan asin
6. garam
7. minyak ikan secukupnya

Mudah dicari bukan bahan-bahannya  karena bisa ditemukan di sekitar kita, oke kita masuk ke tahap pembuatannya gan!.

Pertama:  Bahan-bahan yang sudah ada tadi dikumpulkan lalu ditepungkan lalu diayak hingga jadi tepung yang lembut. Selanjutnya tepung tadi diberi vitamin dan mineral dengan ukuran 1-2% dari bobot bahan-bahan tadi.

Kedua    : Bahan yang sudah berwujud tepung tadi diaduk sampai benar-benar merata. Supaya pakan lele ada bau amis-amisnya, maka tambahkan minyak ikan secukupnya.

Ketiga   :  Bahan berwujud tepung tadi diberi air secukupnya lalu diaduk hingga kenyal, selanjutnya lalu dikukus kurang lebih selama setengah jam lalu ditiriskan dan dinginkan.

Keempat :  Jika sudah cukup kering lalu dibuat bulat-bulat seperti biji pohon kapuk. Besar kecilnya ukuran pakan lele atau pellet terantung sang pembuat, tetapi harus diperhatik pakan tersebut untuk lele ukuran kecil atau besar. Membuat bulatan-bulatan kecil kecil bisa menggunakan mesin supaya lebih cepat. Mesinnya seperti mesian penggiling daging.

Kelima    :  Jika bulatan-bulatan kecil tadi sudah banyak lalu keringkan lagi dengan mesin oven supaya cepat kering (beli oven tungku muat banyak, 75 ribu/buah). Jika sudah kering maka pellet bisa dikemas atau langsung saja diberikan kepada lele-lele agan yang sudah kelaparan.

Itulah artikel dari saya tentang Cara Mudah Membuat Pakan Lele Sendiri . Semoga artikel tutorial diatas dapat bermanfaat bagi agan jika agan sedang mencari informasi tentang cara membuat pakan lele atau sekedar tambah-tambah ilmu.