Cara Mudah Menjernihkan Air Dengan Biji Tanaman Kelor



Hallo Agan…Pernahkah Diantara Agan yang pernah mendengar, melihat atau memiliki tanaman kelor?  jika belum agan bisa mengetahui dan melihatnya pada gambar di bawah ini.

kelor.jpg
pohon dan biji buah kelor


Sebenarnya, Sebutan kelor bagi tanaman ini hanya digunakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah jawa, bali, sunda, dan lampung Bagaimanakah dengan masyarakat yang tinggal di daerah Madura, Sumba, Gorontalo, dan Sulawesi Utara? Masyarakat yang tinggal di Madura menyebut tanaman ini de ngan ‘merongohi’, di Sumba tanaman ini disebut dengan ‘kawona wona’, di Gorontalo disebut dengan ‘kelo’, dan di Sulawesi Utara disebut dengan ‘kero’.

Bagaimanakah dengan daerah agan, disebut apakah tanaman ini? Tanaman kelor memiliki nama ilmiah Moringa oleifera. Ini termasuk ta naman yang serba guna, karena seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Bagian dari tanaman ini yang dapat digunakan untuk menjernihkan air ada lah biji. Bagaimana cara memanfaatkan biji kelor untuk menjernihkan air? Simaklah penjelasan berikut ini!

Alat dan bahan yang harus disiapakan untuk menjernihkan air antara lain, gelas ukur dengan volume 1 liter, alat pengaduk, alat penumbuk atau peng halus (lumpang dan alu atau mortar dan pistil atau blender), biji kelor yang masih utuh (lengkap dengan sayapnya atau bagian putih yang menempel pada biji), air yang keruh (yang kan dijernihkan).

Setelah Agan mendapatkan alat dan bahannya, apa yang harus Agan laku kan? Apabila kamu memperoleh biji kelor yang masih basah, sebelum di gunakan jemurlah terlebih dahulu biji tersebut hingga kering kurang lebih se lama 3 hari. Setelah itu tumbuklah 3 atau 4 buah biji kelor sampai halus. Apabila telah halus, berilah ½ sendok makan air bersih agar tumbukan biji tersebut terlarut. Selanjutnya, masukkan larutan tersebut ke dalam air keruh, kemudian aduklah selama 5 – 10 menit. Biarkan selama 2 – 3 jam untuk mengendapkan ko toran yang ada pada air tersebut. Setelah 2 – 3 jam, maka pada wadah tem pat air tersebut akan tampak ada dua lapisan, yaitu lapisan air jernih yang ada di bagian atas dan endapan di bagian bawah. Agar antara endapan dan air jernih tidak tercampur kembali, pindahkan air jernih ke wadah lain.
Mudah bukan caranya? Tentunya, agan dapat mencobanya sendiri di rumah. Tahukah agan mengapa biji kelor dapat menjernihkan air? Biji kelor dapat menjernihkan air karena di dalam biji kelor terdapat kandungan protein ber muatan positif yang berperan sebagai polielektrolit kationik dan penting sebagai agen penjernihan air.

Proses penjernihan air oleh protein yang terdapat pada biji kelor berlangsung dengan prinsip koagulasi (penggumpalan). Koagulasi proses adalah penambahan zat kimia tertentu yang berfungsi sebagai koagulan (penggumpal) ke dalam air baku (bahan yang digunakan) dengan tu juan untuk mengurangi gaya tolak-menolak antarpartikel koloid, sehingga partikel tersebut dapat bergabung menjadi gumpalan halus. Dengan demikian, koagulasi akan dapat terjadi apabila partikel yang ditambahkan ke dalam bahan yang digunakan memiliki muatan yang berlawanan dengan partikel koloid.

Nah, bagaimanakah prinsip koagulasi tersebut terjadi pada proses penjernihan dengan menggunakan biji kelor? Salah satu proses penjernihan air adalah mencampurkan serbuk biji kelor dengan air yang akan dijernihkan dan kemudian diaduk. Pada proses ini, protein yang terlarut memiliki muatan positif sedangkan koloid (air yang dijernihkan) memiliki muatan negatif. Perbedaan muatan tersebut menyebabkan terjadinya gaya tarik-menarik antarpar tikel, sehingga terbentuk gumpalan halus yang merupakan endapan partikel-partikel yang terdapat pada air yang keruh air yang dijernihkan.

Air yang dijernihkan dengan biji kelor ini aman bagi kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, biji kelor dapat mengurangi sakit perut dan mengurangi kandungan bakteri Eschericia coli yang ada pada air. Hal yang perlu diperhatikan untuk penjernihan air ini adalah waktu penyimpanan air yang dijernihkan tidak boleh lebih dari 24 jam. Oleh karena itu, sebaiknya penjernihan air dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, penjernihan air dengan cara ini tidak dapat dilakukan pada air yang tercemar logam.


Demikian postingan saya tentang cara mudah menjernihkan air dengan biji tanaman kelor yang semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian, dan ingat jaga selalu lingkungan terutama sumber-sumber air karena tanpa air kita tidak dapat bertahan hidup. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel