Penyebab Terjadinya Migrasi Penduduk

Hallo Agan...Migrasi manusia adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasi lokal/internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional). Dengan kata lain, migrasi diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu daerah (negara) ke daerah (negara) lain. Arus migrasi ini berlangsung sebagai tanggapan terhadap adanya perbedaan pendapatan antara kota dan desa. Namun, pendapatan yang dimaksud bukanlah pendapatan aktual, melainkan penghasilah yang diharapkan.

Baca juga: Pengertian dinamika penduduk dan faktor yang mempengaruhi

Berkat kemajuan transportasi dan komunikasi, saat ini masyarakat sangat mudah melakukan kegiatan perpindahan penduduk. Perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain baik untuk menetap maupun sementara, perseorangan maupun kelompok disebut migrasi. Mengapa orang melakukan kegiatan migrasi?

Penyebab penduduk melakukan kegiatan migrasi ada beberapa alasan seperti:

Baca juga: pengertian migrasi lokal atau nasional dan bentuknya

1) Bencana alam


Penyebab Terjadinya Migrasi Penduduk
letusan gunung merapi
Baca juga: Pengertian migrasi internasional seperti imigrasi dan emigrasi 

Kamu tentu sadar bahwa masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana, terutama gempa bumi dan gunung meletus. Hanya Pulau Kalimantan yang tidak memiliki ancaman gempa bumi dan gunung meletus. Karena bencana alam tersebut, sering memaksa penduduk melakukan migrasi. Sebagai contoh pada saat Gunung Merapi meletus tahun 2010. Sebagian warga terpaksa harus berpindah tempat tinggal ke daerah lain karena tempat tinggalnya masuk dalam  kawasan bahaya.

2) Lahan semakin sempit

Masyarakat petani pedesaan yang lahan pertaniannya semakin sempit karena jumlah penduduk yang terus bertambah. sementara anggota keluarganya banyak, kadang menghadapi masalah ekonomi yang sulit diselesaikan. Untuk mengatasinya, kemudian mereka melakukan perpindahan ke daerah lain untuk mencari pekerjaan baru atau mencari daerah yang lahan pertaniannya masih luas, contohnya karena lahan pertanian di pulau jawa semakit sempit maka orang dari pulau jawa tersebut pergi bermigrasi kepulau yang lahan pertaniannya masih luas seperti pulau Sumatera dan Kalimantan.

3) Situasi Pertentangan

Pertentangan menyebabkan penduduk melakukan migrasi ke tempat lain karena merasa tidak nyaman di tempat tersebut. Situasi pertentangan ini biasanya tidak saling menghargai dan mau benar sendiri tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Pertentangan yang melibatkan banyak orang dan menyebabkan situasi tidak aman mendorong orang melakukan migrasi ke tempat yang aman. Tentu kamu tidak ingin saling bertentangan bukan? Pertentangan hanya akan mendatangkan masalah baru, oleh karena kita harus selalu terus saling menghormati dengan orang lain.

4) Kondisi alam

Kondisi alam yang tandus kadang mendorong penduduk untuk mencari daerah lain yang lebih menguntungkan. Misalnya penduduk di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, sebagian daerahnya adalah berasal tersusuan atas batu gamping (limestone) yang kurang
subur untuk pertanian. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong penduduk melakukan migrasi ke daerah lain seperti Yogyakarta, Jakarta, dan daerah lain di luar Pulau Jawa.
Perlu kamu ketahui, berkat ketekunan dan kegigihan di tempat barunya, mereka banyak yang sukses dengan keadaan kehidupan yang lebih baik dari tempat asalnya.

Demikian postingan dari saya tentang Penyebab Terjadinya Migrasi Penduduk semoga bisa bermanfaat untuk Agan.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging