Fakta Menarik Ikan Hiu Yang Harus Kamu Pelajari

Hallo Agan...Ikan Hiu adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya. Hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari parasit, dan untuk menambah dinamika air. Mereka mempunyai beberapa deret gigi yang dapat digantikan.          

Fakta Menarik Ikan Hiu Yang Harus Kamu Pelajari
ikan hiu
Hiu mencakup spesies yang berukuran sebesar telapak tangan. Hiu pigmi, Euprotomicrus bispinatus, sebuah spesies dari laut dalam yang panjangnya hanya 22 cm, hingga hiu paus, Rhincodon typus, ikan terbesar yang mampu tumbuh hingga sekitar 12 meter dan yang, seperti ikan paus, hanya memakan plankton melalui alat penyaring di mulutnya. Hiu banteng, Carcharhinus leucas, adalah yang paling terkenal dari beberapa spesies yang berenang di air laut maupun air tawar (jenis ini ditemukan di Danau Nikaragua, di Amerika Tengah) dan di delta-delta.

Kerangka hiu sangat berbeda dibandingkan dengan ikan-ikan bertulang seperti misalnya ikan kod, karena terbuat dari tulang muda (tulang rawan), yang sangat ringan dan lentur, meskipun tulang muda di ikan-ikan hiu yang lebih tua kadang-kadang sebagian bisa mengapur, sehingga membuatnya lebih keras dan lebih seperti tulang. Rahang hiu beraneka ragam dan diduga telah berevolusi dari rongga insang yang pertama. Rahang ini tidak melekat pada cranium dan mempunyai deposit mineral tambahan yang memberikannya kekuatan yang lebih besar.


Hiu umumnya lambat mencapai kedewasaan seksualnya dan menghasilkan sedikit sekali keturunan dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya yang dipanen. Ini telah menimbulkan keprihatinan di antara para biologiwan karena meningkatnya usaha yang dilakukan untuk menangkapi ikan hiu selama ini, dan banyak spesies yang kini dianggap terancam punah.

Nah setelah mengetahui info umum ikan hiu sekarang kita simak fakta-faktanya!


Pelajari Beberapa Fakta Menarik Tentang Hiu

1. Hiu sangat penting karena mereka sudah sekitar selama beberapa generasi dan mungkin bahkan hidup berdampingan dengan dinosaurus, sehingga membuat mereka menjadi salah satu makhluk yang paling kuno  di planet ini. Ada berbagai hiu yang ada saat ini dan mereka dapat dikategorikan atas dasar sifat dan bentuk mereka. Misalnya, hiu putih memiliki mulut belakang matanya. Di sisi lain, jika Anda melihat hiu malaikat maka Anda akan melihat beberapa sirip, hidung datar dan mulut bawah.

2. Semua hiu tinggal di bagian tertentu dari laut untuk mencari makanan. Beberapa hiu lebih memilih untuk hidup di permukaan atas laut dan beberapa berniat untuk tinggal di tengah laut dan beberapa lebih memilih untuk tinggal di bagian bawah.

3. Hiu kebanyakan suka berenang di perairan asin dari laut tetapi beberapa hiu tidak dapat berenang di kedua garam dan air tawar. Meskipun struktur tubuh raksasa mereka, kerangka hiu tidak terbuat dari tulang. Seperti ikan lainnya, kerangka terbuat dari tulang rawan. Hiu memiliki rahang kuat yang sangat berguna saat menggigit mangsanya.

4. Hiu pertama menggunakan rahang mereka lebih rendah dan kemudian rahang atas. Mereka merobek daging dari mangsa mereka dengan melempar kepala mereka dan kemudian secara bertahap dapat mulai menelan seluruh tubuh. Mereka memiliki lapisan yang sangat tajam dari gigi yang terus tumbuh melalui kehidupan mereka. Kebanyakan hiu adalah karnivora dan mereka makan anjing laut, burung camar, kura-kura, lumba-lumba dan banyak lagi. Kadang-kadang mereka bahkan menargetkan hiu kecil juga. Gigi tajam mereka membantu mereka untuk memahami daging lebih cepat. Ada beberapa spesies hiu dan beberapa terbesar adalah hiu penjemur, hiu paus dan hiu bermulut besar. Paus hiu suka mengkonsumsi plankton dan mereka dapat menarik makanan air laut menggunakan Rackers insang mereka.

5. Hiu lebih suka makan sendirian dan mereka harus terus bergerak sepanjang hidup mereka atau mereka akan mati. Alasannya adalah bahwa dengan gerakan mereka terus menerus, mereka bisa mendapatkan aliran air lebih insang mereka. Hiu bisa mendapatkan jumlah mereka diperlukan oksigen dari air untuk bertahan hidup. Hiu kebanyakan berdarah dingin, tapi satu pengecualian tersebut adalah dengan spesies Great White, yang berdarah panas. Spesies tersebut mampu mengatur suhu mereka seperti mamalia tetapi mereka tidak konsisten dalam melakukannya seperti mamalia lakukan.

6. Salah satu spesies kepala raksasa hiu untuk melihat adalah martil itu. Mata mereka berada di ujung tubuh mereka yang membantu mereka untuk berjaga-jaga di wilayah yang luas dan untuk mencari mangsa dengan cepat. Martil yang menikmati makan ikan pari dan mereka mampu melacak ikan pari bersembunyi di bawah pasir. Selain itu, ikan bertulang, lobster dan kepiting beberapa makanan lain yang mereka suka makan.


7. Jika Anda tertarik untuk mengetahui tentang bayi hiu, mereka dilahirkan dengan cara yang berbeda berdasarkan pada spesies mereka milik. Beberapa bayi hiu keluar dari telur ikan hiu ibu sementara beberapa yang disimpan di dalam ibu. Hiu bayi nyaman dengan berenang bahkan pada usia dini. Namun, mereka memiliki naluri bawaan yang melindungi mereka dari predator. Hiu yang dapat bertelur bisa melahirkan sampai seratus bayi saat. Hiu bahwa telur menetas di dalam tubuh mereka relatif melahirkan bayi lebih sedikit pada suatu waktu.