Fakta Dan Informasi Seputar Penguin Lengkap

Hallo Agan...Penguin atau pinguin (ordo Sphenisciformes, famili Spheniscidae) adalah hewan akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan. Di seluruh dunia terdapat 17 spesies penguin tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies.

Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Terdapat tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.


Fakta Dan Informasi Seputar Penguin Lengkap
Penguin

Jika kita berbicara tentang penguin maka kita akan memikirkan tentang es, kutub utara, kutaub selatan dan antartika, tetapi ada lebih banyak hal yang harus Agan tahu tentang mereka. Penguins termasuk dalam kelompok hewan air dan hidup secara eksklusif di daerah yang tertutup salju Antartika. Meskipun, Anda dapat menemukan mereka di benua lain seperti Afrika, Amerika Selatan dan Australia. 

Hewan yang bewarna hitam dan putih ini sangat terkenal karena kelucuannya. Meskipun mereka dianggap dalam kelompok burung, mereka tidak dapat terbang seperti burung lainnya. Penguins suka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di bawah air dan mereka mampu berenang lebih cepat daripada burung lain di dunia. Penampilan mereka yang unik dikenal sebagai countershading yang menyelamatkan mereka di dalam air. Bentuk tubuh  yang unik dan keahlian berenang  yang hebat merupakan keunggulan mereka yang  memungkinkan penguin untuk menyelamatkan diri dari cengkeraman predator seperti anjing laut  dan beruang kutub meskipun, mereka menjadi sedikit canggung ketika mereka berada di darat.

Nah setelah mengetahui Info umum Tentang Penguin Sekarang mari kita fakta-faktanya:

Penguin terbesar dan terkecil

Spesies penguin terbesar adalah Penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri) dengan tinggi mencapai 1,1 meter dan berat 35 kilogram atau lebih. Sedangkan, Spesies penguin terkecil adalah Penguin Peri (Eudyptula Minor) dengan tinggi sekitar 40 cm dan berat satu kg. Secara umum, penguin yang berukuran besar lebih dapat mempertahankan suhu tubuhnya sehingga dapat bertahan di daerah dingin, sementara penguin yang berukuran lebih kecil biasanya ditemukan di daerah yang lebih hangat bahkan daerah tropis.

Jumlah spesies Penguin

Ada sekitar 17 spesies penguin, dan semua dari mereka berdarah panas. Mereka mempunyai lemak yang melindungi mereka terhadap udara dingin yang ekstrim. Bulu bawah dan emisi minyak terus tubuh mereka tahan air sementara mereka memegang sistem tahan angin, yang memanaskan mereka. Ketika mereka merasa bahwa mereka ingin mendapatkan beberapa panas, mereka semua menghangatkan diri dengan berkumpul dalam kelompok. Di beberapa daerah tropis di mana suhu udara cuku hangat, bulu bulu mereka tetap terasa dingin. ibu Penguin menyimpan telurnya di wilayah tertentu yang paling berbulu dan hangat di tubuh mereka sehingga telur mereka tetap terlindungi dari cuaca buruk.

Makanan utama Penguin

Penguin tinggal di dekat laut karena makanan utama mereka adalah hewan laut terutama ikan cumi-cumi dan udang. Fakta yang menarik tentang penguin adalah bahwa ada sebuah kelenjar dalam tubuh mereka, yang menyedia air garam untuk diminum secara gratis saat mereka merasa haus. Penguin biasanya membuat sarang di dekat pantai dan mulai hidup bersama dengan pasangan mereka. Ikatan awal antara dua penguin dibentuk dengan menyentuh leher masing-masing dan memukul sirip dan punggung mereka. Mereka tetap bersama-sama selama penguin betina menghasilakan telur penguin yang kemudian menetaskan anak penguin.  Penguin saling mengenal  satu sama lain dengan suara mereka.

Penguin jantan yang mengerami telur

Ketika telur Keluar, ayah penguin yang akan mengeraminya sampai menetas. sementara itu, ibu penguin keluar untuk mengatur makanan bagi bayi mereka. Penguin betina kembali dalam 14 hari ke depan. Sementara itu, penguin jantan dapat mengatur makanan dengan cepat dan menyimpannya di bawah bulu hangat. Mereka mengenali anak-anaknya dengan suara unik mereka.

Penguin dapat meminum air laut

Ketika berenang di laut dengan paruhnya. Penguin dapat meminum air laut karena kelenjar supraorbital pada tubuhnya menyaring kelebihan garam laut dari aliran darah. Garam ini lalu dikeluarkan dalam bentuk cairan lewat saluran pernapasan penguin.

Kecepatan renang dan kedalaman menyelam penguin

Penguin mampu berenang dengan kecepatan 6 hingga 12 km/jam bahkan pernah tercatat hingga 27 km/jam. Penguin yang berukuran kecil biasanya menyelam selama satu hingga dua menit dari permukaan air untuk menangkap makanan. Penguin yang berukuran lebih besar, yaitu penguin emperor bisa menyelam lebih dalam hingga 565 meter selama 20 menit.

Pertengkaran Penguin

Salah satu bentuk pertengkaran besar antar penguin akan terjadi jika seekor ibu penguin kehilangan anaknya (karena tidak bisa bertahan dalam badai besar atau dimakan oleh hewan pemangsa). Jika seekor anak hilang, maka ibu penguin akan "mencuri" seekor anak penguin dari ibu penguin yang lain. Tingkah laku ini menarik perhatian ilmuwan. Menariknya, penguin-penguin betina lain dalam kelompok penguin tersebut tidak menyukai "pencurian" ini dan akan menolong dan "membela" ibu penguin yang anaknya dicuri.

Suka bermain dan tidak takut manusia

Penguin sangat suka bermain, mereka suka sekali meuncur di salju dengan perutnya serta berenang seharian, Mereka bisa menghabiskan hampir 75% dari hidup mereka di air termasuk berburu..Penguin juga tidak takut pada manusia terbukti mereka mendekat ketika ada ilmuwan yang akan meneliti mereka. 

Ancaman bagi penguin

Tumpahan minyak dan pencemaran laut dekat garis pantai sering menyebabkan ancaman bagi kehidupan para penguin ini. Dalam rangka memberikan mereka ruang yang menguntungkan untuk hidup, inisiatif yang tepat diperlukan untuk diimplementasikan.


Demikian postingan saya tentang Fakta Dan Informasi Seputar Penguin Lengkap semoga bermanfaat untuk Agan.