Bagaimana Burung Belajar Bahasa Asing?

Hallo Agan...Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx.

Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.

Kebanyakan burung harus makan makanan sekurang-kurangnya setengah dari berat badan mereka setiap hari.

Bagaimana Burung Belajar Bahasa Asing?
Add caption


Nah ngomong-ngomong soal burung, Ahli biologi telah berhasil dalam hal mengajari  burung liar untuk memahami bahasa baru (asing).

Setelah hanya dua hari pelatihan, burung  jenis wrens peri belajar untuk melarikan diri ketika mereka mendengar panggilan alarm yang asing bagi mereka,  hal ini menunjukkan bahwa burung dapat belajar untuk mendengarkan panggilan dari spesies lain walaupun itu bukan dari bangsa mereka.

Penelitian yang dipimpin oleh ahli biologi di The Australian National University atau disingkat ANU (Lucu amat ini nama), dapat digunakan untuk membantu melatih hewan penakaran untuk mengenali sinyal bahaya sebelum mereka dilepaskan ke alam liar lagi.

"Burung adalah hewan hasil penakaran yang pertama kita uji, burung ini tinggal di kampus ANU dekat kantor saya. Ada ketidakpercayaan umum dan kegembiraan ketika burung itu mempelajari  tugasnya dengan sempurna," kata pemimpin studi, Profesor Robert Magrath, dari ANU Penelitian Sekolah Biologi.

"Kami telah melakukan percobaan dan belajar menggunakan metode yang berbeda, tapi sampai saat itu kami hanya mendapatkan sedikit keberhasilan. Jadi itu menarik untuk akhirnya memecahkan masalah praktis melaksanakan percobaan ini, dan mendapatkan hasil yang jelas dan lebih baik."

Banyak hewan  mendapatkan informasi tentang bahaya dengan mendengarkan isyarat  (Alarm) atau saling memberitahu satu sama lain, tapi bagaimana mereka melakukannya? Hal ini telah menjadi teka-teki dan misteri yang sedang berlangsung.

"Menyadari panggilan spesies lain adalah kemampuan luar biasa setiap hewan, karena ada banyak sekali spesies dalam suatu komunitas alami, dan banyak dari berbagai jenis panggilan. Ini seperti memahami beberapa bahasa asing, dan bedanya bahasa asing itu adalah bahasa hewan" kata Profesor Magrath.

Para ahli biologi  telah melatih burung jenis wrens peri dengan bermain suara asing bagi mereka, beberapa suara aing itu adalah suara burung lain seperti  melemparkan model glider( tiruan) seekor burung pemangsa, currawong atau SparrowHawk , di atas mereka.

Setelah hanya delapan burung-burung wrens peri  telah belajar untuk melarikan diri, sementara mereka tidak melarikan diri ketika bermain suara asing yang belum dipasangkan dengan glider.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging