Masalah dalam Kerja Kelompok di Sekolah

Hallo Agan... Pasti agan Pernah melakukan yang namanya kerja kelompok di sekolah? ya pasti gak pasti ya pasti pernah karena kerja kelompok merupakan salah satu metode belajar yang sering digembor-gemborkan pemerintah pada kurikulum 2013.
Hasil gambar untuk kerja kelompok
gambar dicomot dari janc*k.com             

Hmmm....sudah kuduga sperti ini. Lalu apasih apa sih kerja kelompok itu? hmmmini masih menjadi sebuah misteri huuuuu, Kerja kelompok bukan misteri gan, kerja kelompok menurut saya adalah bekerja bersama-sama dalam suatu kelompok, kelompok belajar misalnya untuk menyelesaikan tugas-tugas dari guru kita.


Lihat lagi gan secara seksama definisi kerja kelompok? disitu dinyatakan "bekerja bersama-sama dalam suatu kelompok" hmmm dan apa yang aneh disitu sudah jelas dinyatakan bekerja bersama-sama gan, bekerja bersama-sama, lah harapannya dalam kerja kelompok setiap anggota harus memiliki tugas tertentu kemudian dikerjakan sebaik mungkin dan digabungkan dengan hasil kerja kelompok lainnya sehingga menjadi satu-kesatuan karya yang baik.

Tapi kenyataannya dilapangan gan, kenyataannya, kenyataannya tidak sesuai harapan, kenapa tidak sesuai harapan? karena, kenyataan yang terjadi di lapangan sangat berbeda gan, kerja kelompok menurut saya lagi adalah bekerja bersama-sama dalam suatu kelompok kelompok belajar misalnya, dimana yang satu atau sebagian kecil mengerjakan dengan sungguh-sungguh atau peduli dengan tugasnya dan lainnya gitu lah gan, agan pastinya sudah mudeng dan tau kan.

Nah misalnya agan disuruh membuat presentasi bahasa arab menggunakan Power ranger eh Power point dalam kerja kelompok nah seharusnya jika itu tugas kelompok, tentunya tugasnya harus dibagi-bagi gan, ada yang ngetik, ada yang mencari bahan materi, ada yang mendesain power-pointnya dan tugas lainnya gan. Nah yang terjadi dilapangan malah salah satu membuat semua tugas diatas dan lainnya let's party gan. 

Tentunya hal diatas cukup miris gan, ya memang gak semua sih seperti itu, tetapi berdasarkan hasil pengamatan saya kebanyakan kayak gitu dan ini tentunt\ya miris dan salah, karena tujuan dari diadakannya kerja kelompok adalah untuk memupuk rasa gotong royong, kebersamaan kekompakan dan kerja sama, nah jika kerja kelompok cuma dilakukan oleh satu atau sedikit orang saja padahal anggota kelompoknya banyak, dimana kerja samanya, dimana kebersamaanya, dimana gotong royongnya dan dimana-dimana-dimana kuharus mencari kemana (malah ayu ting-ting), dimana kekompakan itu gan.

Ok gan cukup opini saya tentang kerja kelompok mungkin saran saya cara bekerja kelompok di kalangan umum diperbaiki lagi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel