Khasiat Dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Hallo Agan...Kemarin musim durian kemudian Musim rambutan sekarang tibalah saatnya untuk musim duku.Lansium parasiticum adalah nama latin dari duku. Duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda. Duku adalah tumbuhan identitas untuk Provinsi Sumatera Selatan.

Khasiat Dan Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan


Buah duku berbentuk jorong, bulat atau bulat memanjang, 2-4(-7) cm × 1,5–5 cm, dengan bulu halus kekuning-kuningan dan daun kelopak yang tidak rontok. Kulit (dinding) buah tipis hingga tebal (kira-kira 6 mm). Berbiji 1–3, pipih, hijau, berasa pahit; biji terbungkus oleh salut biji (arilus) yang putih bening dan tebal, berair, manis hingga masam.[1] Kultivar-kultivar yang unggul memiliki biji yang kecil atau tidak berkembang (rudimenter), namun arilusnya tumbuh baik dan tebal, manis.

Setelah mengetahui devinisi buah duku sekarag kita akanmempelajari tentang khasiat dan manfaat buah duku bagi kesehatan. Ok lets cekidot!

1. Mengandung Vitamin A

Buah duku kaya vitamin, terutama vitamin A, B1 dan B2, dan mineral. Vitamin A adalah kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang meliputi retinol dan karotenoid. Karoten yang terkandung dalam buah duku merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas.


2. Vitamin B

Buah duku mengandung Vitamin B1 atau tiamin yang dapat membantu memecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah. Sementara itu, riboflavin atau Vitamin B2 yang ditemukan dalam buah duku juga dapat membantu tubuh melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan

100 gram buah duku mengandung lebih dari 2 gram serat. Jumlah tersebut bisa memenuhi 8 sampai 11 persen kebutuhan serat untuk wanita dewasa dan 6 sampai 8 persen kebutuhan serat untuk pria dewasa. Makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan juga membantu mencegah sembelit.

4. Mengandung antioksidan alami


Buah duku merupakan sumber antioksidan alami. Selain mengandung Vitamin A, buah ini juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan alami. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam "Food Chemistry" menemukan bahwa langsat atau duku memiliki kemampuan antioksidan yang mirip dengan buah-buahan tropis lain seperti pisang dan pepaya.

Itulah kandungan dan manfaat duku bagi kesehatan dan semoga bemanfaat bagi agan sekalian.