Si Juki Si Aktor Komik Strip yang Antimainstream

Hallo Agan... Ada yang tau atau kenal siapa itu Si juki? Si Juki adalah karakter komik fiksi kesukaan saya yang dibuat oleh  Faza Ibnu Ubaidillah atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Faza Meonk. Faza Meonk membuat komik si juki karena dia gelisah terhadap perkembangan karakter komik lokal yang dianggap kurang populer di kalangan masyarakat dibandingkan karakter komik jepang dan amerika.


Sumber: sijuki.com

Karakter Juki tercipta tahun 2011 akhir dengan komik pertamanya berjudul 'Ngampus'. Tokoh utama dalam komik itu bernama asli Muhamad Marzuki yang memiliki nama panggilan Juki, seorang anak laki-laki yang cuek, usil, soronok, nggak tahu malu, menyebalkan, tapi selalu beruntung. Si juki dinamakan Juki karena Karena dia selalu beruntung. Singkatannya kan 'juru hoki'. Mulai dari situ, banyak yang suka nama Juki.

Komik Si Juki ini pada awalnya diterbitkan secara online, tidak secara cetak. Sejak 2012, Faza Meonk mengembangkan karakter Si Juki di sosial media seperti di twitter dengan nama akun @JukiHoki dan facebook dengan nama Si juki. Faza meonk dan timnya juga mengelola website sijuki.com dan merchandise Si Juki.

Dalam membuat komik, Faza Meonk sebagai komikus mengambil ide cerita dari isu-isu yang sedang banyak dibicarakan. Ia tak hanya ingin membuat komik untuk tujuan lucu-lucuan, tapi juga ingin menyampaikan pesan untuk anak muda serta membahas isu sosial dengan gaya sarkasme tapi ringan, yang diakuinya tak seberat isu politik. Karena gayanya, Si Juki juga membahas isu-isu sekitar kesehatan: seperti masalah rokok, lalu isu kapitalisme, hedonisme, atau isu ringan seperti soal buang air besar.

Si juki memiliki sifat kusus yaitu sifat berani beda atau disebut juga antimainstream, si juki selalu jenuh dengan hal yang itu-itu mulu dan kemudian dia merubah hal tersebut menjadi aneh nan unik misalnya dia lebih memilih naik bajaj sendiri saat ke kampus, tinggal di bulan karena bumi sudah terlalu mainstream, naik helicopter untuk menghindari macet, jadi wasit saat bermain PS bola dan hal aneh nan unik lainnya yang tentunya anti mainstream.

Faza meonk telah meluncurkan komik-komik si juki antara lain:

1. Ngampus!!! Buka-Bukaan Aib Mahasiswa

 Terbit Faza pada tahun 2011. Menceritakan hidup keseharian Si Juki sebagai mahasiswa.

2. Yang Penting Rating 

Terbit tahun 2011. Komik Kompilasi, salah satu judul Balada Keluarga Bang Mamat menceritakan keseharian keluarga Juki dengan televisi indonesia.

3. Ngomik Attack !!! 

Terbit tahun 2012. Komik Kompilasi, salah satu judul Pocong Pinky menceritakan awal mula sahabat juki, si Congky bisa menjadi Pocong berwarna pink.

4. Si Juki dan Petualangan Lulus UN

Terbit pada tahun 2012. menceritakan tentang Juki -tokoh utama- yang merupakan anak kelas 3 SMA yang mengaku anti-mainstream dalam menghadapi UN. Karena menganggap belajar untuk kelulusan UN itu "mainstream" (sudah biasa), maka dia dan Boy sahabatnya mencari cara untuk meluluskan ujian itu mulai dari mencuri soal hingga datang ke dukun sakti yang bernama Mbah Gendeng.


5. Si Juki Cari Kerja

Terbit pada tahun 2013 menceritakan Juki yang lulus dari SMA dan langsung memutuskan bekerja dengan keterampilan seadanya. Namun, dikarenakan tanpa bekal yang cukup, berbagai macam pekerjaan dicobanya. Mulai dari buruh tempel iklan, petugas pengantar makanan sebuah warteg, menjadi figuran acara TV hingga menjadi asisten dukun Mbah Gendeng. Namun, setelah bertemu dengan Haji Duloh, seorang ulama dekat rumah dia, Juki menjadi insyaf dan memutuskan untuk berkuliah dahulu sebelum bekerja dan membahagiakan orang tua.

6. Berani beda

Komik yang diterbitkan untuk meramaikan pesta demokrasi indonesia yaitu pemilu dimana juki manjadi capres.

7. 3 Tahun beraksi

Komik si juki yang menceritakan 3 tahunnya perjalanan si juki di dunia perkomikan indonesia.

Sepertinya masih ada komik yang lainnya tetapi saya hanya tau 7 komik itu dan rencananya si juki akan dibuat versi game dan kartunnya, kita tunggu saja karya lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel