10 Fakta Tentang Harimau yang Harus Kamu Ketahui

Hallo Agan…Agan pernah jalan-jalan ke kebun binatang? Kalo pernah pasti Agan sudah kenal dengan hewan yang bernama harimau. Sebelumnya tidak perlu diketahui bahwa saya membuat postingan ini karena terinspirasi oleh sinetron tontonan ibu saya yaitu 7 manusia harimau tapi kita tidak akan membahas sinetron tersebut kita hanya akan membahas harimaunya saja 7 manusianya tidak usah dibahas.

Harimau adalah hewan yang cukup populer dan tidak asing di telinga kita karena harimau sering menjadi suatu lambang seperti lambing barang, tim olah raga, merk kendaraan, jurus silat yang dimiliki jagoan dan hal berbau harimau lainnya. Harimau sering dijadikan suatu lambang barang karena harimau memiliki filosofi agung, tampan berkuasa,perkasa, cepat, kuat, indah, eksotik, dan popular.

Harimau yang kita kenal ternyata menyimpan fakta-fakta yang menarik dan berikut ini merupakan 10 fakta menarik harimau yang harus kamu ketahui.

10 Fakta Tentang Harimau yang Harus Kamu Ketahui
Add caption

1. Harimau adalah spesies terbesar dari keluarga kucing

Mungkin agan berpikir singa lebih besar dari harimau  kelihatannya seperti itu, tapi rata-rata harimau beratnya bisa mencapai 300 kg, sekitar 50 kg lebih dari berat Singa rata-rata. Harimau adalah hewan yang hebat. Mereka dapat berlari dengan sangat cepat hampir mencapai 60 km/jam bahkan lebih dalam jarak pendek. Mereka dapat melompat dengan tinggi sekitar 6m dan dapat melompat di udara secara vertikal sampai 5m. Harimau memiliki otot kaki yang kuat bahwa kadang-kadang tetap berdiri bahkan setelah Tiger sudah mati. WOW

2. Nama ilmiahnya  Panthera Tigris  dan tinggal tersisa kurang lebih 3000 ekor di alam bebas

Harimau diklasifikasikan ke dalam sembilan subspesies :. Bali, Jawa, Caspian, Sumatera, Amur atau harimau Siberia , India atau harimau benggala, Cina Selatan, Malaya, dan Indo-Cina Tiga subspesies punah karena sebagian besar dari mereka terancam habitat alaminya diburu untuk diambil bulunya dan diambil bagian tubuh lainnya untuk pajangan. Hampir semua bagian tubuh harimau dapat digunakan untuk tujuan pengobatan.  Sekarang hanya tersisa  sekitar 3000 harimau masih hidup di alam liar saat ini dan itu ironis bahwa populasi satwa liar ini sebagai hewan peliharaan lebih daripada di alam bebas!

3. Harimau di penangkaran hidup sekitar 20 tahun sedangkan yang di alam liar hanya 10-15 tahun

Seekor harimau betina melahirkan sekitar 5-6 ekor bayi tetapi hanya setengah dari mereka bertahan hidup. Ketika anaknya yang berumur sekitar 6 bulan, mereka meninggalkan sarang mengikuti ibunya untuk berburu. Para anak dapat mulai berburu dan menghabisi mangsanya secara mandiri sekitar umur 1 tahun, tapi mereka tetap  tinggal bersama ibu mereka sampai sekitar 2 tahun ketika mereka berpisah dengannya. Setelah itu harimau hidup harimau dewasa. Harimau jantan dan betina sudah memiliki wilayah mereka sendiri. Mereka menandai batas wilayah mereka dengan membuat goresan di pohon-pohon. Mereka juga menggunakan urinnya untuk tanda. Harimau dapat mengenali jenis harimau (yaitu laki-laki atau perempuan, tua atau muda) hanya dengan bau urin untuk menandai batas! harimau jantan memiliki wilayah yang lebih besar daripada harimau betina. Kadang-kadang wilayah tersebut dapat tumpang tindih. Tapi wilayah antara 2 harimau betina dewasa atau 2 harimau jantan dewasa tidak pernah tumpang tindih.

4. Harimau adalah satu-satunya keluarga kucing yang menyukai air

Harimau adalah perenang yang sangat baik dan dapat berenang hingga 5 mil di sungai jika diperlukan untuk berburu. Biasanya kita dapat menemukan harimau betina dan anaknya yang Berendam dan bermain di sungai atau kolam air dingin dalam cuaca panas.

5. harimau putih adalah kelainan genetik yang terjadi pada sekitar 1 dari 10000 harimau

Ada cerita menarik tentang bagaimana harimau putih muncul. Seorang pemburu menemukan harimau putih di alam liar dan ia membawanya di penangkaran. Cub The bernama Mohan adalah nenek moyang dari semua harimau putih. Ada banyak variasi lain dari warna bulu harimau seperti tidak ada garis-garis, putih, emas, hitam dan bahkan biru! Semua ini karena satu gen warna rambut yang sederhana!

6. Mati kelaparan dengan cepat

menghabisi hanya 1 hewan dalam sekitar 10-20 upaya! Mereka berburu binatang kecil seperti babi hutan, babi, rusa dll Mereka berburu dengan terlebih dahulu mengikuti hewan, mengejar dengan cepat, menyergap dan membawanya ke bawah dan akhirnya menghabisi dengan mencekik dengan gigitan untuk tenggorokan atau tengkuk leher. Setelah menghabisi mangsanya, harimau menyeret ke dalam penutup untuk menyembunyikannya dari pandangan hewan lain. Mereka makan sekitar 35-90 kilogram daging dalam satukali berburu dan setelah mereka selesai, mereka menyembunyikan daging di tanah menutupinya dengan tanah. Mereka datang kembali ke tanah tersebut sekitar 3-6 hari setelah menghabisi. Harimau dapat mati kelaparan sangat cepat karena mereka begitu besar dan membutuhkan makanan untuk mendukung ukuran besar mereka. Sebagai manusia perbandingan mati kelaparan dalam waktu sekitar 30-40 hari sedangkan harimau akan mati kelaparan hanya dalam waktu sekitar 2-3 minggu!

7. Pola garis-garis harimau adalah sebagai unik sebagai sidik jari pada manusia

Tidak ada dua harimau yang memiliki pola sama dari garis-garis belang mereka. Garis-garis belang tidak hanya pada bulu, jadi jika Agan benar-benar mencukur habis bulu harimau, Agan masih bisa melihat garis-garis belangnya.

8. Harimau memiliki otak terbesar di antara semua karnivora (kecuali beruang kutub) 

Seekor harimau 'memori jangka pendeknya berlangsung sekitar tiga puluh kali lebih lama daripada manusia. Mereka bisa mengingat lebih banyak dan tidah mudah lupa seperti manusia.

9. Auman harimau yang jauh

Auman harimau dapat didengar sekitar 2 kilometer jauhnya namun, harimau tidak mengaum pada hewan lain selain harimau atau saat berburu. Mereka mengaum untuk berkomunikasi dengan harimau lain yang berjarak jauh.

10. Jarang memakan Manusia

Harimau hanya akan menyerang manusia ketika terancam. Harimau tidak menyerang jika mereka berpikir elemen kejutan hilang. Kadang-kadang penjaga di hutan berjalan dengan masker di bagian belakang kepala mereka sehingga harimau berpikir mereka sedang diawasi! Hariamu akan memburu dan menyerang manusia dalam kasus yang sangat jarang dan bahkan itu adalah karena kita manusia telah merusak habitat mereka dan dengan begitu harimau tidak ada hewan untuk dimakan sehingga mereka menyerang apa saja yang bisa dijadikan makanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel