Pengertian Mineral Fungsi, jenis Serta Contohnya

Mineral untuk tubuh, yang diperoleh dari makanan (dietary minerals),adalah senyawa-senyawa anorganik yang dibutuhkan makhluk hidup dan termasuk dalam mikronutrien, atau zat-zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil untuk beragam fungsi tubuh normal. Peran mineral antara lain adalah untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan.
Pengertian Mineral Lengkap


Tubuh kita memerlukan sekitar 14 jenis mineral, diantaranya kalsium, posfor, potasium, sodium, besi, iodium, dan seng. Mineral merupakan nutrisi yang sedikit mengandung atom karbon. Satu jenis makanan yang kamu konsumsi ternyata dapat mengandung lebih dari satu jenis zat gizi, misalnya pada susu terkandung protein, lemak, dan mineral berupa kalsium. Baca juga pengertian karbohidrat lengkap

Dan berikut adalah beberapa mineral yang diperlukan oleh tubuh.

1. Kalsium
Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan manusia. Kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi dan diperlukan untuk pembekuan darah, transmisi sinyal pada sel saraf, dan kontraksi otot. Kalsium membantu mencegah osteoporosis. Dari semua kalsium yang terkandung dalam tubuh manusia, 99% terletak di tulang dan gigi. Kalsium juga tampaknya berperan dalam menurunkan tekanan darah, dan terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler pada wanita. Untuk lebih mengetahui zat-zat penyusun tulang dan gigi. baca juga: zat-zat penyusun tulang dan gigi

2. Fosfor
Fosfor adalah sebuah mineral yang ditemukan dalam banyak makanan termasuk produk susu dan daging. Fosfor penting untuk tulang dan gigi yang kuat, serta untuk fungsi saraf yang tepat. Fosfor merupakan bagian dari kerangka struktural molekul biologis seperti DNA dan RNA. Sel-sel hidup juga menggunakan fosfor untuk transportasi seluler. Baca juga: Pengertian Protein dan fungsinya

3. Potasium
Potasium adalah mineral penting yang membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah, dan saraf dan aktivitas otot. Kalium juga dibutuhkan untuk metabolisme karbohidrat dan protein dan membantu menjaga pH yang tepat dalam tubuh.

4. Sodium
Sodium adalah elemen dan komponen elektrolit dan garam yang membantu mengatur keseimbangan cairan sel.

5. Zat besi
Zat besi (iron/ ferum) adalah sebuah trace element penting yang diperlukan untuk produksi hemoglobin, komponen sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Orang dengan kekurangan zat besi mudah merasa lelah karena tubuh mereka kelaparan oksigen. Besi juga merupakan bagian dari mioglobin, yang membantu menyimpan oksigen di otot.

6. Magnesium
Magnesium adalah logam putih lentur yang cukup permanen di udara kering tapi berkarat di udara lembab. Ion magnesium sangat penting untuk semua sel makhluk hidup. Lebih dari 300 enzim membutuhkan ion magnesium. Magnesium diperlukan untuk pembentukan protein, tulang, asam lemak, sel-sel baru, mengaktifkan vitamin B, merelaksasi otot, membekukan darah, dan membentuk adenosin trifosfat (ATP). Produksi dan penggunaan insulin juga membutuhkan magnesium.

7. Natrium
Natrium atau sodium adalah sebuah mineral yang ditemukan dalam tubuh dan dalam banyak makanan. Natrium merupakan nutrisi penting untuk mempertahankan mempertahankan volume darah, mengatur keseimbangan air dalam sel, dan menjaga fungsi saraf. Ginjal mengontrol keseimbangan natrium dengan meningkatkan atau menurunkan natrium dalam urin.

Manfaat  umum mineral

Mineral berfungsi untuk proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, serta pembentukan dan pemeliharaan tulang.  Beberapa mineral dibutuhkan tubuhmu dalam jumlah yang sangat sedikit, meskipun  sebagian yang lain cukup banyak. Berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, manfaat dan  sumbernya dapat dicermati pada tabel dibawah ini.


Pengertian Mineral Lengkap
 muller(1995)
Sekian dari saya gan artikel  engertian Mineral Fungsi, jenis Serta Contohnya semoga bermanfaat dan bila ada kesalahan mohon maaf karena manusia memang tempatnya salah.