Mengenal Seri Mobil BMW E36 yang Paling Populer di Dunia

BMW E36 menjadi salah satu mobil sedan paling berhasil karena kepopulerannya tidak lekang dimakan waktu. Meski telah berhenti diproduksi sejak tahun 2000 lalu, mobil ini ternyata tetap mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat karena dianggap legendaris.

Selain itu, harga mobil sedan jadul ini juga terbilang terjangkau dibanding kompetitornya.  Tak mengherankan jika sampai sekarang masih banyak yang mengincar mobil ini untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Mengenal Seri Mobil BMW E36 yang Paling Populer di Dunia

Seri Mobil BMW E36 yang Paling Laris dan Populer

Rupanya BMW E36 tidak hanya tersedia dalam satu pilihan seri.  Mobil ini menawarkan beberapa seri yang masing-masing menawarkan keunggulan berbeda. Sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui beberapa seri paling laris dan populer dari BMW E36 berikut ini:

·       BMW 318i

Seri ini menawarkan performa mesin yang paling tua dan kalah dengan mobil BMW keluaran terbaru. Namun, untuk sekelas mobil jadul, torsi dan tenaga dari seri BMW ini terbilang masih cukup handal.

Versi manual dari Seri ini mempunyai transmisi halus dengan handling pengereman yang cukup nyaman. Sehingga seri tua ini tetap bisa diandalkan saat dikendarai pada kondisi jalanan Indonesia. Mesinnya dilengkapi dengan 4 silinder berkapasitas 1,8 liter yang membuatnya mampu menghasilkan tenaga maksimal.

Dalam kondisi prima, mobil ini bisa mencapai kecepatan hingga 202 km/jam. Kemudian eksteriornya juga memiliki kesan yang dinamis dan sporty sehingga terlihat lebih klasik.

·       BMW E36 320i M50

Seri populer kedua adalah BMW 320i M50 yang secara fisik hampir sama dengan 318i. Sehingga, beberapa orang kerap merasa dilema ketika memilih salah satu dari keduanya.  Perbedaan paling jelas dari mobil ini adalah terletak pada bagian mesinnya.

BMW 320i menggunakan mesin bertipe M50 dan M52 yang berkapasitas 2.000 cc. Sehingga jika dilihat dari segi mesin, tentu saja BMW 320i sedikit lebih unggul.
Seri ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan mobil dengan performa kencang dan bertenaga. Sayangnya, karena memiliki mesin yang lebih handal, tentu saja bahan bakar seri ini agak boros. Selain itu, biaya perawatannya juga lebih mahal daripada 318i.

·       BMW E36 323i M52

Pilihan selanjutnya adalah BMW E36 323i M52 yang kerap direkomendasikan oleh bengkel spesialis BMW. Alasannya adalah dikarenakan ketersediaan sparepart untuk seri satu ini sangat melimpah atau mudah didapatkan.

Sehingga jika ingin melakukan modifikasi Anda tak perlu bingung-bingung dalam mencari sparepart yang cocok. Tipe ini juga menggunakan blok mesin aluminium yang  membuat tingkat panasnya lebih rendah.

Untuk mesinnya, seri ini menggunakan M52 berkapasitas 2.500 cc berteknologi VANOS (Variable Nockenwellen Steuerung). Hal tersebut membuatnya mampu menghasilkan performa jauh lebih kencang daripada seri lainnya.

Platform mobbi atau dulu lebih dikenal dengan mo88i merupakan tempat jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia. Di sana Anda bisa menemukan pilihan BMW E36 dengan kondisi terbaik tanpa harus menguras isi rekening.

Selain murah, Anda juga bisa melakukan negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan harga. Prosesnya mudah dan cepat, tinggal masukkan beberapa data saja, mobil impian Anda siap dipinang. Yuk, buruan akses mobbi sekarang untuk bergaya di jalanan!

Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging