Cara Pemijahan Ikan Nila Sederhana

Ikan Nila, Siapa yang tak kenal dengan ikan satu ini kepopuleranya di meja makan tak kalah dengan ikan lele yang berkumis. Rasa dan teksture daging yang baik membuat ikan nila disebut sebagai ikan kakap air tawar, tak salah bila disandingkan keduanya sangat mirip secara visual sehingga sulit untuk dibedakan apabila telah dijadikan ikan fillet.

Ikan Nila Mijah

Ternyata ikan ini juga sangat gampang untuk dikembangbiakan atau dala istilah perikanan disebut dipijahkan.  Ikan nila sangat mudah untuk memijah apabila ekosistem perairan tempat ia tinggal cocok.

Kita hanya perlu mamsukan ikan dewasa jantan dan bebrapa ikan betina di kolam, dalam waktu lama ikan yang kita pelihara akan tambah banyak.

Perbedaan ikan nila jantan dan betina sangatlah mudah dikenali. Ikan nila jantan memliliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ikan nila betina. Selain itu warna ikan nila jantan lebih mencolok dibadingkan betina yang lebih pudar. Bila kita perhatikan pada bagian kloaka, bentuk kloaka ikan nila jantan akan terlihat memanjang sedangkjan ikan nila betina akan terlihat  membulat.

seperti iakan lainnya,  ikan nila akan memijah/kawin apabila  ikan jantan dan betina telah matang gonad/kelamin dan terjadi peribahan parameter ekeosistem kolam seperti perubahan sushu air, peribahan tinggi permukaaan air dan lain sebagainya.

Apabila ingin memijahkan ikan ini, cukup sediakan kolam  dengan ketinggian air yang tidak terlalu dalam cukup sekitar 30-40 cm, bahkan hanya dikolam taman yang sangat dangkal seperti  video dibawah ini.


ikan nila dapat berkembang biak. Pembuahan ikan nila terjadi secara eksternal yang berarti ikan nila betina meletakakn telur di substrat dn ikan mengeluarkan spermanya untuk membuahi telur tersebut. Selanjutnya ikan nila betina akan menyimpan telur-telurnya pada mulutnya sampai menetas  untuk menghindari predator. Ikan nila yang baru menetas tidak memerlukan makanan selama 5 hari atau tergantung suhu air, karena masih menyimpan cadangan makanan lewat kuning telur yang dibawanya.

Setelah anakan ikan nila dikeluarkan dari mulut induknya pisahkan anak ikan tersebut untuk menghindari predator/ikan lainnya bahkan induknya sendiri mau memakan ikan-ikan tersebut.

Selanjutnya perawatan ikan dengan sepenuh hati yah, untuk lebih jelasnya silahkan  subscribe, like dan komen di akun youtube kami di Saur Manuk.

Salam lestari.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel