Penyebab Suara dan Bau Kentut Orang Berbeda-Beda

Jika soal bunyi, itu tergantung kondisi lubang tempat keluarnya, serta jumlah dan tekanan dari kentut yang keluar. Yah, tidak jauh-jauh dari konsep bunyi.


Penyebab Suara dan Bau Kentut Orang Berbeda-Beda


dan soal baunya itu tergantung asal kentutnya. Secara umum senyawaan dari gas kentut adalah sama yaitu H2S, hidrogen sulfida. Namun ketika kentut keluar, gas ini tidak terlepas begitu saja dari bahan-bahan lain yang ada di sisa makanan tempat keluarnya tersebut. Jadi tiap-tipa zat sisa tersebut juga bisa memperkaya cita rasa dari bau kentut.

 Entah H2Snya berikatan secara kimia dengan senyawa lain tersebut, atau gas tersebut hanya ikut membawa aroma dari zat sisa tanpa membentuk ikatan sama sekali. Untuk pastinya, tentu kita perlu menguji kentut tiap2 orang. Hanya saja ini cukup sulit karena konsentrasi H2S dari kentut sangat rendah dan tidak lah mudah melakukan sampling dan tidak banyak juga orang tertarik untuk meneliti ini sampai ke tahap perbandingan karakteristik kentut tiap-tiap orang.

Selain itu, konsentrasi dari gas kentut yang dihasilkan setiap orang berbeda-beda. Buka hanya dari orang yang berbeda, tapi juga dari orang yang sama di waktu yang berbeda. Bahkan untuk satu individu, bau kentutnya bisa saja berbeda pada kondisi yang berbeda. Tapi untuk kondisi normalnya, ternyata tiap2 orang punya bau kentut yang unik dan ini cukup bisa dikenali atau dibedakan. Tapi dengan catatan, ini untuk kondisi normalnya. Pada kondisi lain, bau kentut orang tadi akan berubah terpengaru oleh kondisi khususnya. Misal terpengaruh makanan, terpengaruh kondisi pencernaan, dan sebagainya. Sebagai buktinya, kita tidak pernah merasa begitu jijik dengan bau kentut sendiri.

Dan sering kali kita sangat mengenalnya dan merasa nyaman-nyaman saja. Kenapa pada kentut orang lain, penilaian jijik kita jadi berbeda. Ini bukti bahwa masing-masing kita punya bau kentut yang unik dan berbeda dan kita tidak akan jijik karena kita sudah sangat terbiasa dengan bau kentut kita sendiri. Meski sering kali bau kentut kita sendiri juga berubah-ubah tiap waktu, tapi kita seakan nyaman-nyaman saja dengan semua variasi bau kentut tersebut. Ini bukti bahwa meski bau kentut kita bisa bervariasipun, semuanya unik untuk kita masing-masing dan masing-masing individu kita mengenalnya.

Berbicara tentang pengaruh konsentrasi terhadap bau, semaki tinggi konsentrasi semakin tajam bau. Termasuk gas beracun dan mematikan. Tapi untuk letal dosisnya, baru efektif pada kisaran 800 ppm setelah terpapar 5 menit. Namun tenang, kentut dengan kisaran 0,15 - 30 ppm saja sudah sangat berbau. Sehingga gas ini mudah dikenali dan mudah juga untuk diantisipasi. Atau secara sederhananya, butuh kepekatan sekitar 1000 kali lebih pekat atau bahkan lebih dari kadar kentut normal manusia untuk mencapai level mematikannya.

Demikian artikel Penyebab Suara dan Bau Kentut Orang Berbeda-Beda semoga bisa bermanfaat.

Sumber: Quora

0 Response to "Penyebab Suara dan Bau Kentut Orang Berbeda-Beda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel