Penjelasan Ilmiah mengapa Manusia Menguap

Pertanyaan tentang mengapa kita menguap menimbulkan sejumlah kontroversi mengejutkan tentang sebuah hal yang sepele. Tidak ada bukti yang dapat mengarahkan pada alasan yang tepat mengapa orang menguap.

Penjelasan Ilmiah mengapa Manusia Menguap
Namun ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa orang menguap. Ini termasuk meningkatkan kewaspadaan, mendinginkan otak, dan teori evolusi menjelaskan bahwa menguap untuk mengingatkan orang lain dalam kelompok Anda bahwa Anda terlalu lelah untuk terus awas, dan orang lain harus mengambil alih.
Menguap adalah salah satu kegiatan yang tanpa sadar kita lakukan ketika sedang mengantuk. Menguap juga sering kali dianggap sebagai tanda tubuh kelelahan dan juga kekurangan oksigen. Pada dasarnya tujuan menguap adalah untuk membuka eustachius, tabung yang mengaitkan telinga bagian tengah dan bagian belakang tenggorokan.
Fungsi tabung ini adalah untuk mengendalikan tekanan udara di telinga tengah. Ketika menguap, selain mendapatkan asupan oksigen yang masuk melalui mulut, terdapat juga tambahan oksigen yang akan masuk melalui telinga.
Selain itu, menguap adalah salah cara untuk mempertahankan suhu internal otak. Perlu diketahui bahwa otak memiliki mekanisme untuk mempertahankan suhu internalnya, karena setiap otak digunakan untuk bekerja dan berpikir dengan keras, suhunya dapat naik. Sehingga dibutuhkanlah sistem bernama thermoregulasi otak untuk menjaga susu otak agar tetap stabil.
Kemungkinan Anda telah menguap setidaknya sekali saat membaca artikel ini. Menguap adalah perilaku menular dan melihat seseorang menguap sering menyebabkan kita menguap juga. Tetapi satu-satunya teori yang ditawarkan di sini menunjukkan bahwa kerentanan seseorang tertular menguap berkorelasi dengan tingkat empati seseorang.
Sumber:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel