Lingkungan Fisik Negara-Negara Berkembang

Negara berkembang merupakan sebutan yang umum digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah. Karena tidak ada definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara berkembang tersebut.


Lingkungan Fisik Negara-Negara Berkembang

Lingkungan fisik negara-negara berkembang sebagian besar berada dibelahan bumi bagian selatan. Negara-negara berkembang sebetulnya banyak yang memiliki lingkungan fisik ang potensial untuk dikembangkan. Namun karena keterbatasan dalam sumbedaya manusia dan peguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi masih rendah, maka negara berkembang cenderung belum bisa memanfaatkan sumberdaya alamnya secara optimal,karena keterbatasan modal yang dimiliki.

Berkaitan dengan terbatasnya kemampuan sumberdaya manusia dan modal, maka dijalin kerja sama antara negara maju dan berkembang. Negaranegara maju menanamkan modal di negara berkembang dengan mendirikan industri. Kerjasama ini merupakan kerja sama yang saling menguntungkan. Bagi negara maju keuntungannya adalah (1) Lebih mudah memperoleh bahan mentah dan baku untuk industrinya (2) Tersedia tenaga kerja yang murah, (3) Pemasaran yang mudah dan meluas.

Sebaliknya bagi negara berkembang, keuntungannya adalah; (1) mendapat bantuan modal usaha, (2) Industri yang dibangun negara maju dapat menciptakan lapangan kerja baru, (3) Aliran modal dari negara maju dapat meningkatkan pendapatan negara berkembang,(4) Kegiatan industri dapat membantu alh teknologi di negara berkembang.

Demikian artikel Lingkungan Fisik Negara- Negara Berkembang semoga bisa bermanfaat.

Sumber: wikipedia dan buku ips kelas 9 edisi 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel