Pengertian Laut Mati atau Dead Sea

Laut Mati ternyata adalah sebuah Danau, karena terletak pada daratan. Meskipun berlokasi pada titik terendah permukaan bumi tetapi danau laut mati ini menjadi begitu sangat fenomenal berkat beberapa fakta menariknya. Selain dari yang sudah dijelaskan sebelumnya, yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi danau laut mati ini adalah air danaunya dapat membuat hampir semua benda mengapung dan tidak akan tenggelam, termasuk manusia. 

Pengertian Laut Mati atau Dead Sea
by: ibucketlist
Asal dari nama laut mati ialah karena kandungan garam yang terlalu tinggi sehingga tidak ada tanaman maupun ikan dan hewan laut yang dapat beradaptasi hidup di laut ini. 

Pada kenyataanya ada banyak makhluk mikroorganisme yang hidup di tempat ini. Sehingga yang lebih tepat ialah dinamai lautan garam.

Ini menunjukkan betapa mikroorganisme dapat meninggali suatu wilayah manapun yang mengandung air. Mereka dapat meninggali kawah yang airnya panas, airnya mengandung banyak garam dan kondisi ekstrim lainnya.

Secara geologi laut mati [Dead Sea] terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan (Jordan Riff Valley) dimana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur dan gipsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi.

Hal ini menjadikannya danau air yang paling asin di dunia, dengan hampir 33,7% salinitas, Laut Mati juga disebut Laut Asin. Keasinanan laut matiadalah 8,6% lebih asin daripada dibandingkan dengan lautan umumnya.

Kadar garam yang begitu besar(33%) membuat kita bisa mengapung di atas permukaannya. Yang menjadi faktor penyebabnya adalah danau ini mempunyai kandungan kadar garam yang sangat tinggi, bahkan kadar kandungan garamnya menempati urutan ke dua danau terasin di dunia setelah danau Assal yang terletak di Djibouti. Kadar garamnya 33,7% atau 8 kali lebih asin dari danau biasa.

Sungai utama Laut mati adalah Sungai Yordan. Namun dengan curah hujan yang kurang, daerah tetap kering dan cerah sepanjang tahun sehingga tingkat penguapan cukup tinggi sepanjang tahun.

Laut Mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 1.300 kaki (400m) di bawah permukaan laut. Laut ini sebenarnya merupakan suatu danau yang sangat  luas. 

Sumber:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel