Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam dan 7 Contohnya

Penyakit hati adalah rasa sakit yang menimpa hati, seperti rasa sakit ketika musuh menguasai anda. Sesungguhnya yang demikian mendatangkan rasa panas atau menyayat hati. Penyakit hati juga dikarenakan terjadiya kerusakan, terutama pada persepsi dan keinginan. Orang yang hatinya sakit akan tergambar kepadanya hal-hal berbau subhat. Akibatnya, ia tidak dapat melihat kebenaran.

Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam dan 7 Contohnya


Definisi penyakit ahli menurut para ulama adalah sebagai berikut:

  • Penyakit hati menurut Hamka, terdiri dari: marah, ujub, membanggakan diri sendiri, mengolok-olok orang lain, dendam, dan mangkir dari janji.
  • Menurut Amin Syukur, penyakit hati terdiri dari : marah, egois, dengki, sombong, kikir, boros, mudah berkeinginan, buruk sangka dan berbohong,
  • Menurut Mujtaba Musawi, penyakit hati terdiri dari : pemberang, pesimis, dusta, munafik, ghibah, mencari-cari kesalahan orang lain, dengki, sombong, zalim, marah, melanggar janji, khianat, kikir, dan serakah.

Bagaimanakah penjelasan tentang penyakit hati dilihat dari sudut pandang ajaran Islam ?

Menurut Syekh Yahya ibn Hamzah al-Yamani menyebutkan penyakit hati meliputi cinta dunia,mengikuti syahwat perut dan nafsu kepada lawan jenis, penyakit lisan, marah, dengki, dendam, sombong, ujub, bakhil dan gila harta, dan riya, gila pangkat dan popularitas.

1. Cinta dunia ( hubbuddunya)
Merupakan kecenderungan mencintai segala sesuatu yang memberikan kenikmatan dalam hidup ini tetapi menyebabkan kesengsaraan di hari akhirat, karena diliputi dosa-dosa. Penyakit cinta dunia ini menjadi pangkal dari penyakit-penyakit lainnya seperti cinta harta dan bakhil/kikir.

2. Mengumbar syahwat 
Merupakan mengumbar makan dan minum serta nafsu kepada lawan jenis, yang apabila tidak dikontrol bisa menghancurkan agama dan dunia

3. Marah
Merupakan ekspresi terhadap hal yang tidak disukai. Diekspresikan dengan lisan seperti umpatan, caci maki, sumpah serapah dan sebagainya. Juga diungkapkan dengan tubuh seperti memukul, melukai hingga membunuh. Di dalam hati muncul dendam dan kedengkian terhadap sasaran.

Jika seseorang mampu mengendalikan amarahnya lalu mengarahkannya menjadi aset, ia dapat menjadi sebuah kekuatan yang dapat memproteksi hak-hak pribadinya, secara proporsional.

4. Iri dengki
Iri dengki adalah perasaan tidak suka terhadap nikmat yang diterima oleh orang lain. Perasaan ini menimbulkan iri yakni memindahkan kenikmatan yang diterima orang lain tersebut kepada diri sendiri.

5. Sombong (takabur)
Yakni merasa diri lebih baik dari pada orang lain, misalnya merasa lebih terhormat, lebih pantas, lebih pintar, lebih kaya , lebih tampan atau cantik, dsb.Sehingga sifat sombong cenderung melecehkan dan memandang rendah terhadap orang lain tanpa ada rasa bersalah, dan tak jarang tega mendhalimi/aniaya orang lain. Dahulu kala iblis menghina Nabi Adam. Karena kesombongannya dan Allah mengutuknya.

Mengobati kesombongan adalah dengan menumbuhkan kesadaran bahwa hanya Allahlah yang berhak sombong (al-Mutakabbir), Tumbuhkan sikap rendah hati (tawadlu’) ini dan sikap kerendahan hati justru menampakkan kemuliaan seseorang. Sekalipun demikian sifat sombong bisa diambil spiritnya, yakni punya rasa percaya diri dan menjadi semangat untuk menjadi yang terbaik.

6. Bakhil, gila harta, dan rakus
Merupakan kesukaan berlebihan terhadap harta yang menyebabkannya menjadi diperbudak untuk memperoleh harta sehingga cenderung menghalalkan segala cara, dan tidak suka memberikan harta di luar kepentingannya.

7. Riya, gila pangkat dan popularitas
Riya adalah melakukan kebajikan dengan maksud tidak semata-mata ingin dilihat oleh Allah tetapi ingin dilihat dan mendapat imbalan dari manusia, antara lain berupa popularitas dan pangkat. Gila pangkat dan popularitas bisa menyebabkan seseorang menjadi riya. Jadi ketiga hal tersebut saling menjadi sebab dan akibat.

Demikian artikel Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam dan 7 Contohnya semoga bisa bermanfaat.

Sumber: dictio

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel