Mengenal Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan Timur

Kalimantan merupakan wilayah tempat bermukimnya suku dayak. Suku dayak selain terkenal dengan keperkasaannya juga terkenal dengan budayanya misalnya Tari-tarian. Suku dayak memiliki bermacam tarian dengan gerak yang menarik, eksotis, unik, dan memukau. Salah satu tarian Tersebut adalah tari serumpai.


Mengenal Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan
suku dayak sedang melakukan tari serumpai
Tarian Serumpai adalah tarian khas dari suku Dayak Benuaq yang ada di Kalimantan. Penggambarannya hampir sama dengan tari Monong atau tari Manang yang berhubungan dengan penyakit. Bedanya tarian ini untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit oleh anjing gila. 

Disebut sebagai tari Serumpai karena pada tarian ini menggunakan alat musik yang bernama Serumpai yaitu sejenis suling dari bambu sebagai musik pengiring dari tarian Serumpai ini.

Dalam menari, hampir seluruhnya pakaian suku dayak tariannya dilengkapi dengan hiasan berupa manik-manik dan juga bulu-bulu burung khas Kalimantan, yaitu burung Enggang atau rangkong.

Seperti yang digunakan oleh penari kancet ledo. Modelnya menggunakan pakaian suku Dayak Kenyah yang dilengkapi hiasan bulu burung Enggang dijari-jari penari serta baju tanpa lengan yang dipenuhi dengan manik-manik cantik.

Demikian artikel Mengenal Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Tari Serumpai, Tarian Khas Kalimantan Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel