Cara Mendapatkan Nilai A di Mata Kuliah yang Sulit

Kita semua pernah berada di keadaan ini. Hari pertama di kelas, dan kita sudah merasa kehilangan arah. Mungkin mata kuliahnya berada di luar keahlian kita, atau mungkin mata kuliahnya memang sulit. Apapun masalahnya, pelajarannya pasti sulit dan kita butuh beberapa alat untuk mengatasi tekanan. Berikut tips-tips untuk melalui mata kuliah yang sulit.


Cara Mendapatkan Nilai A di Mata Kuliah yang Sulit

1. Review materi-materinya sebelum kalian pergi tidur

Setiap malam, sejam sampai sejam setengah sebelum tidur, ulang materi-materi yang akan muncul pada quiz atau ujian yang akan datang. Penelitian menunjukkan bahwa jika kalian belajar sebelum tidur, kalian akan memiliki tingkat daya ingat yang lebih baik.

2. Baca buku-buku untuk materinya minimal tiga kali

Kalian akan menemukan suatu hal yang penting untuk digarisbawahi tiap membaca. Membaca bukunya hanya satu kali tidak membuat materinya tersimpan di memori jangka panjang (hanya segelintir orang jenius yang bisa melakukannya). Ketika kalian membaca bukunya lebih dari sekali, kalian tidak akan beresiko untuk melewatkan hal apapun dan kalian akan mendapatkan detil-detil penting.

3. Selalu datang ke kelas

Cobalah untuk tidak pernah absen di kelas, ini merupakan hal yang penting.

4. Mulailah belajar bahkan sebelum semester dimulai

Misalnya kalian mendapatkan libur 3-4 minggu, cobalah untuk belajar lebih dahulu sebelum semester dimulai daripada terus-terusan bersenang-senang dan liburan.

5. Temukan tempat yang efektif menurut kalian untuk kalian belajar

Intinya, cari tempat yang cocok dan sesuai dengan selera kalian untuk belajar, cari tempat yang senyaman mungkin.

6. Cek cara penilaian seseorang Dosen

Jangan mengambil kelas yang dosennya terkenal sulit untuk mendapatkan nilai A.

7. Memperbanyak latihan

Cobalah sample-sample latihan mengenai subjek mata kuliah terkait. Uji diri masing-masing.

8. Lakukan beberapa latihan sebelum mambaca materi-materi

Ini adalah hal yang besar. Kebanyakan orang membaca buku cetak atau menghadiri kelas bimbingan, lalu mencoba mengerjakan latihan setelahnya. Beberapa orang merasa teknik mengerjakan latihan terlebih dahulu lebih efektif.

Khasnya ada dua hal yang terjadi:

Kalian menemukan jawabannya. Jika yang ditemukan tidak sama dengan kunci jawaban di buku cetak, maka menelusuri kenapa jawabannya berbeda mungkin akan meberikan wawasan baru yang penting untukmu.
Kamu tidak menemukan jawabannya. Permasalahan yang anda tidak bisa kerjakan akan terngiang-ngiang di otakmu, materi-materi yang menyangkut permasalahan ini akan terasa menarik saat kalian mempelajari materinya dan menemukan solusi dari permasalahannya.
Jika kalian tidak dapat menyelesaikan masalahnya dengan cepat, disarankan untuk pindah ke masalah / soal selanjutnya. Intinya, coba selesaikan masalahnya terlebih dahulu dan perhatikan sebelum memutuskan untuk pindah ke nomor selanjutnya.

Secara harfiah, kalian mungkin beranggapan bahwa mengerjakan latihan terlebih dahulu akan memakan banyak waktu, tetapi dengan mempelajari soal-soalnya terlebih dahulu kemudian belajar materinya, akan memudahkan kalian untuk mengerjakan soalnya lebih cepat (jika sudah mengerti maksud dari soalnya)

9. Jangan terima kebosanan

Jika kalian bosan, maka kalian belom belajar dan kalian perlu untuk mengubah suatu hal dari diri kalian. Jangan pernah menerima kebosanan. Perasaan bosan adalah suatu cara yang dilakukan otak untuk memberi tahu bahwa ada sesuatu yang salah dari apa yang kalian lakukan.

Jika suatu materi membosankan karena kamu tidak mengerti, pertama, ulangi dan pelajari lagi apa saja yang kalian perlu untuk mengerti.
Jika kalian membaca buku yang tidak bagus, cari buku yang lebih bagus menyangkut materi-materi yang dipelajari.
Jika kalian berada di suatu kelas kuliah yang kurang bagus, cari sumber yang lebih bagus untuk kalian belajar.
Jika pelajarannya terlihat membosankan, maka pelajari tentang bagaimana pelajaran yang kalian pelajari dapat menjadi berguna untuk menyelesaikan permasalahan penting. Jika tetap tidak bisa, mungkin kalian harus belajar materi lain.

10. Susun rencana cadangan

Jika kalian terlalu memikirkan bagaimana mengerjakan ujian dengan baik, maka kallian akan merasa stres dan malah melakukannya dengan buruk. Selalu miliki rencana cadangan tentang apa yang akan kalian lakukan jaga jaga jika kalian gagal dalam suatu ujian, dan kembangkan rencana tersebut sehingga kalian dapat membayangkan bahwa itulah sesuatu yang ingin kalian lakukan. Dengan cara itu, jika kalian mengerjakan ujian dan berpikir “ah inimah bakal ga lulus”, kalian akan berpikir “yaudahlah ga bakal parah parah amat” dan kalian pun akan tetap tenang.

11. Temukan Gaya Belajar Anda

Pendekatan terbaik tidak datang dari materi. Itu berasal dari Anda. Anda perlu mencari tahu bagaimana Anda bisa belajar yang terbaik.

Ada tiga gaya belajar dasar:

Visual : Anda belajar dengan melihat dan memvisualisasikan informasi. Anda memahami grafik, video, dan grafik.

Auditori : Anda belajar dengan mendengar informasi. Anda dapat menyimpan informasi perkuliahan, dan Anda ingat apa yang Anda dengar.

Kinestetik : Anda belajar dengan melakukan. Anda berkembang dalam kelompok dan belajar paling baik melalui kolaborasi dan interaksi.
Begitu Anda tahu bagaimana Anda bisa belajar dengan baik, Anda bisa menerapkan strategi terbaik untuk kelas Anda yang sulit.

12. Luangkan Waktu Anda

Jika Anda ingin sukses di kelas Anda yang sulit, Anda harus memberikannya waktu yang tepat. Anda tidak bisa terburu-buru. Biarkan diri Anda belajar ekstra untuk kelas yang lebih sulit bagi Anda. Ambil langkah kecil. Ini juga akan membantu untuk memecah informasi menjadi potongan yang lebih kecil. Gunakan gaya belajar di mana Anda melihat keseluruhan subjek, tapi juga pada bagian yang lebih kecil. Melanggar subjek, membuatnya mudah diatur dan memberi Anda kepercayaan lebih.

Demikian artikel Cara Mendapatkan Nilai A di Mata Kuliah yang Sulit semoga bisa bermanfaat.

source:
forbesquora dan dictio

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel